Berita Kota Makassar | Dinkes Terapkan Standar Akuntasi Berbasis Akrual
Gojentakmapan

Dinkes Terapkan Standar Akuntasi Berbasis Akrual

BKM/KR KULLE SOSIALISASI -- Suasana sosialisasi standar akuntansi berbasis akrual di Dinkes kabupaten Jeneponto.

JENEPONTO, BKM — Acara sosialisasi penerapan standard akuntansi pemerintah berbasis akrual pada Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Jeneponto, diikuti sebanyak 94 orang. Terdiri dari PPTK sebanyak 21 orang, kepala Puskesmas 19 orang, kepala tata usaha 18 orang, bendahara BOK 18 orang, bendahara IKN 18 orang.
Acara yang dibuka Kadis Kesehatan, Dr H Syafruddin Nurdin ini menghadirkan narasumber Guru Besar Unhas, Prof Dr Natsir Kadir, dari Kejari Jeneponto, Polres Jeneponto, inspektorat, dan dari dinas PPKAD kabupaten Jeneponto yang akan dilangsungkan selama 3 hari, yakni mulai Senin (28/11) sampai Rabu (30/11) di ruang rapat Assifa kantor dinas kesehatan,” jelas Ketua Panitia, Abd Rasyid, Senin (28/11).
Rasyid mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini guna memberi pencerahan dan pendalaman tentang peraturan PP No 71 tahun 2010 dan Permendagri No 64 tahun 2013 tentang Sistem Pengelolaan Keuangan Berbasis Akrual yang bertujuan meningkatkan pemahaman sistem dan meningkatkan tertib administrasi dan pengelolaan keuangan SKPD Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, jelas Abd Rasyid.
Kadis Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Dr H Syafruddin Nurdin, mengatakan, dengan hadirnya narasumber dari guru besar Unhas, Prof DR Natsir Kadir ini merupakan keseriuasan dinas kesehatan untuk memberi pemahaman kepada semua pengelola keuangan agar profesional terukur dan akuntable. Sehingga tidak ada yang menjadi temuan dari badan pemeriksa tentang hasil laporan penggunaan anggaran.
”Seandainya penilaian keuangan per SKPD kami di dinas kesehatan mendapat penilaian WTP. Tapi penilaian secara menyeluruh. Dimana kabupaten Jeneponto meraih WDP,” jelas Syafruddin.
Juga diminta kepada semua peserta, kata Syafruddin, agar memperhatikan secara seksama materi yang diberikan narasumber atau pengajar agar sepulangnya dari sini bisa diterapkan di tempat kerja masing-masing. ”Kami ucapkan selamat mengikuti sosialisasi penerapan standard akuntansi SKPD dinas kesehatan berbasis akrual semoga bermanfaat bagi daerah Jeneponto yang sama kita cintai,” jelas H Syafruddin Nurdin. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top