Metro

Dewan Pertanyakan Anggaran Dinas Pangan

MAKASSAR, BKM– Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar kembali mengkritisi atau mempertanyakan anggaran sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di APBD 2017 mendatang.
Mereka menilai anggaran yang diusulkan tidak logis, untuk SKPD yang baru terbentuk.
Seperti halnya anggaran yang diusulkan Dinas Ketahanan Pangan sebesar Rp19 miliar. Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar menegaskan, anggaran tersebut sangat besar, sementara Dinas Ketahanan Pangan baru tingkatkankan statusnya yang sebelumnya Badan Ketahanan Pangan.
Di APBD 2016 lalu, Badan Ketahanan Pangan hanya menerima anggaran untuk dikelola sebesar Rp5 miliar dan naik sebesar Rp19 miliar yang diusulkan di APBD 2017.
Anggota Banggar DPRD kota Makassar, Amar Bustanul mengatakan, struktur organisasi pemerintah kota telah terbentuk. Hanya saja, beberapa anggaran di dinas yang terbentuk tidak masuk akal seperti Dinas Arsip atau dulunya berdiri sebagai badan dimana anggaran hanya mencapai Rp9 miliar.
“Baru-baru ini kita lebur ini Dinas Ketahanan Pangan menjadi dinas. Hanya saja, kita pertanyakan anggarannya yang naik drastis,” ungkapnya saat berada di ruang Banggar DPRD kota Makassar, Selasa (29/11).
Lanjut Legislator Fraksi Gerindra ini menuturkan, ia belum memeriksa secara detail peruntukan item anggaran tersebut sehingga belum bisa membeberkan apa saja yang menyebabkan Dinas Ketahanan Pangan menaikkan anggarannya dari Rp5 Miliar menjadi Rp19 Miliar.
“Kita nilai sistem anggarannya tidak logis, walaupun sudah menjadi dinas. Kita masih melihat item-item peruntukannya,” ujarnya.
Anggota Banggar DPRD kota Makassar lainnya, Basdir menyatakan turut menolak beberapa anggaran SKPD yang tidak bersentuhan dengan masyarakat, terlebih anggaran untuk SKPD yang baru terbentuk yang masih dalam uji coba.
“Ini belum masuk penyerasian nanti setelah di komisi kita serahkan ke banggar, disitu akan dibongkar satu persatu item yang ditolak dan diterima. Nanti kita beberkan anggaran Dinas Ketahanan Pangan,” tutupnya.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top