Metro

BPPPA Terima Pengaduan Gangguan Mental

MAKASSAR, BKM– Guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan mental. Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Makassar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
Kepala BPPPA Makassar, Tenri A Palallo mengatakan, kesehatan mental merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik seperti tubuh serta pikiran. Kesehatan mental juga merupakan bagian dari psikologi agama yang terus berkembang dengan pesat.
Menurut Tenri, setiap individu memiliki masa-masa dimana dirinya merasa tertekan, sedih atau takut dan bahkan sering kali perasaan tersebut hilang sejalan dengan selesainya permasalahan yang dihadapi. Hanya saja terkadang kondisi tidak nyaman seperti itu berkembang menjadi masalah yang lebih serius dan dapat mengganggu individu dan orang lain.
“Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa mental hygiene berarti mental yang sehat atau kesehatan mental. Sedangkan kesehatan mental adalah terhindarnya seseorang dari keluhan dan gangguan mental baik berupa penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial. Sangat penting untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental,” ucap mantan Kabag Humas Pemkot Makassar, selasa (29/11).
Mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari lanjut Tenri, merupakan solusi dalam menyelesaikan masalah kesehatan mental seseorang dengan memberikan tanda sesorang atau individu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sekitarnya serta mampu mengembangkan potensi seluruh aspek kecerdasan, baik kesehatan spiritual, emosi maupun kecerdasan intelektual yang terdapat dalam dirinya sendiri semaksimal mungkin untuk menggapai ridho Allah SWT.
“Beberapa bulan terakhir ini masyarakat Makassar khususnya banyak yang melaporkan tentang keluarga, saudara atau tetangga mereka yang mengalami gangguan psikologis mulai dari yang ringan hingga berat. Beberapa gangguan yang dilaporkan adalah gangguan emosi, ketidakmampuan mengelola stres, pola asuh yang buruk, depresi, trauma, pelecehan seksual, bunuh diri dan lain-lain,” terangnya. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top