Sulselbar

130 Polisi Tes Psikologi

BKM/PURMADY TES -- Ratusan anggota Polri Polres Sidrap mengikuti ujian Psikologi sebagai syarat menggunakan senjata api di STKIP Veteran Pangkajene Sidrap, Selasa (29/11).

SIDRAP, BKM — Sebanyak 130 anggota Polri Polres Sidrap menjalani tes psikologi sebagai salah satu syarat memiliki senjata api. Tes dilakukan
Selasa (29/11) di STKIP Veteran Pangakejen Sidrap.
Mereka yang mengikuti tes yakni bintara hingga perwira dalam rangka memeriksa perilaku dan mental anggota kepolisian yang akan direkomendasikan memegang senjata api.
sebelum tes psikologi, mereka juga sudah menjalani serangkaian tes berupa tes berhitung cepat, tes Kepribadian, tes mental, dan tes tertulis termasuk tes mengambar.
“Ujian tes psikologi ini wajib dilaksanakan tiap enam bulan sekali sebagai pertimbangan layak tidaknya personil memiliki senjata api,” ujar Kabag Sumda Kompol Joseph, disela-sela ujian kemarin.
Ketua tim uji Psikologi Polda Sulsel AKP Andi Sirajuddin mengatakan ujian tersebut wajib diikuti oleh seluruh pesonil secara berkala guna untuk kembali mengasah otak, mental dan pribadi dalam menjawab pertanyaan yang ada dalam soal.
Lulus tidaknya, kata dia, itu tergantung bagaimana hasil semua rangkaian tes tersebut sebagai bahan pertimbangan pimpinan nantinya apakah yang bersangkutan layak dan bisa memiliki senpi atau tidak.
Ujian ini tidak dipungut biaya dan tidak ada pungli dalam memberikan penilaian, dan ini bersifat transfaran dan ketat.
“Kita kan sudah menggunakan sistem penilaian secara komputerisasi. Jadi yang memeriksa dan menjawab benar tidaknya adalah komputer, bukan kami,”ujar Andi Sirajuddin.
Hasil pemeriksaan psikologi ini juga akan digunakan sebagai salah satu syarat personel polri, untuk melanjutkan pendidikan (Sisbinkar) ataupun pertimbangan untuk menduduki sebuah jabatan.
Kapolres AKBP Anggi Nauifar Siregar, SIk berharap para anggotanya bisa lulus dari tes agar dikemudian hari tidak bermasalah ketika bertugas dengan memakai senpi dilapangan.
(ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top