Adi: Nasdem Berpotensi Tumbangkan Dominasi Golkar, Demokrat dan Gerindra – Berita Kota Makassar
Politik

Adi: Nasdem Berpotensi Tumbangkan Dominasi Golkar, Demokrat dan Gerindra

MAKASSAR, BKM–Dosen Politik Unhas Makassar Dr Adi Suryadi Culla memprediksi bila Partai Nasdem dapat menumbangkan tiga partai papan atas di Sulsel yakni Golkar, Demokrat dan Gerindra. Hal tersebut disampaikan Adi Suryadi menanggapi pernyataan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel Rusdi Masse (RMS) dalam berbagai kesempatan.
“Saya kira wajar jika Partai Nasdem punya keinginan menjadi pemenang di Pemilu 2019 mendatang, dan itu sah-sah saja kalau stretegi tersebut dipersiapkan secara matang,”ujar Adi, Senin (28/11).
Hanya saja, menurut Adi, Partai Nasdem di Sulsel harus solid, serta benar-benar terkonsolidasi kedaerah, itu yang diperlukan, karena yang bisa melemahkan partai adalah perpecahan sehingga soliditas tidak tercapai. Selain itu, kepemimpinan RMS masih perlu diuji apakah bisa membangun soliditas atau tidak. “Karena selama ini ada konflik. Saya kira Nasdem punya potensi untuk bersaing dengan partai lain, meskipun baru sekali ikut pemilu namun sudah mampu menggeser sejumlah partai lama,”jelasnya.
Saat ini DPW Nasdem Sulsel terus melakukan pembenahan pengurus menyonsong pesta demokrasi, mulai pilkada serentak yang digelar 2017, dan 2018 hingga Pileg 2019 mendatang.
Pembenahan tersebut dilakukan demi merealisasikan target Nasdem menumbangkan dominasi partai papan atas di Sulsel. “Target Nasdem memang seperti itu. Dan saya menyakini hal itu bisa dicapai jika ditopang dengan kerja-kerja politik yang terukur,”jelas RMS usai menghadiri jalan sehat bersama ribuan masyarakat di Kota Palopo, Minggu kemarin.
Bupati Sidrap dua periode ini mengatakan, sebelum diamanahkan memimpin Nasdem, dirinya memang bertekad akan meningkatkan perolehan suara partai bentukan Surya Paloh itu.
RMS ingin meningkatkan perolehan kursi dua kali lipat disemua tingkatan.
Hal sama dikemukakan dosen politik UIN Alauddin Dr Firdaus Muhammad bahwa bukan hal yang mustahil Nasdem bisa menjadi partai papan atas di Sulsel.
Dia mengatakan, dengan pergerakan politik yang dilakukan Nasdem dibawah kendali RMS maka hal itu bisa dicapainya. “Saya melihat apa yang dilakukan RMS saat ini cukup efektif, khususnya dalam menjalankan dan memperkuat mesin partainya. Tentu pergerakan politik yang dilakukan RMS di Nasdem akan menjadi ancaman bagi partai lain. Seperti Demokrat, Gerindra dan Golkar pada khususnya,”pungkas Firdaus.

SMRC: Pergerakan RMS Sangat Massif

KOORDINATOR Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) wilayah Indonesia Timur, Riswadi Atto Taroempoe mengatakan strategi dalam menggaet kepala daerah (KD) dan wakil kepala daerah (WKD) cukup efektif untuk mendongkrak perolehan suara Partai Nasdem kedepan. “Pergerakan politik yang dilakukan RMS memang sangat efektif dan terukur. Manggaet kepala daerah dan wakil kepala daerah merupakan salah satu strategi yang cukup efektif meningkatkan jumlah suara Nasdem,” kata Riswandi beberapa waktu lalu.
Dia berpendapat para KD dan WKD yang bergabung tentu akan mengerahkan seluruh kekuatan untuk memperoleh suara sebanyak-banyaknya bagi Nasdem. “Sangat bisa Nasdem menumbangkan dominasi partai papan atas di Sulsel. Termasuk Golkar. Tinggal bagaimana partai ini melakukan gerakan-gerakan politik yang terukur,” sarannya.
Hingga saat ini, tercatat sudah ada enam KD dan WKD yang bergabung di Nasdem selain RMS.
Mereka adalah Bupati Bulukumba, Sukri Sappewali, Wali Kota Palopo, Judas Amir, Wabup Maros, Harmil Mattotorang, Wabup Lutra, M Thahar Rum, Wabup Lutim, Irwan Bachri Syam, dan mantan Wabup Pangkep, Rahman Assegaf.
Bergabungnya para tokoh itu diprediksi siap menyalip Partai Demokrat dan Gerindra yang masuk tiga besar pada Pemilu 2014 lalu. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top