Berita Kota Makassar | Ratusan Nelayan Terima Sertifikat
Sulselbar

Ratusan Nelayan Terima Sertifikat

PINRANG, BKM — Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Pinrang menyerahkan ratusan sertifikat Prona (Proyek Nasional) kepada masyarakat yang berdomisili di pesisir Kelurahan Pallameang Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Jumat (25/11).
Kepala BPN Pinrang, Suarni Labeda SH,MH membenarkan penyerahan sertifikat prona itu secara simbolis. Menurutnya, program ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh BPN secara berkesinambungan.
“Tahun ini dilaksanakan di Kelurahan Pallameang Kecamatan Mattiro Sompe,”kata Suarni, di ruang kerjanya, Jumat kemarin.
Nelayan penerima sertifikat terdiri dari Nelayan tangkap sebanyak 100 orang, nelayan budidaya 44 orang dan Prona sebanyak 150 buah sertifikat. “Kami berharap, sertifikat ini dapat membantu para nelayan,” katanya.
BPN Kabupaten Pinrang selama ini telah menyelesaikan dua bidang Aset Badan Milik Negara (BMN) atas Nama TNI, BPN Pinrang. Hal itupun, kata dia, direward penghargaan dari Direktorat Jendral Keuangan Negara (DJKN).
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pinrang, Andi Budaya mengatakan, selama ini warga yang berdomisili di pesisir pantai senantiasa khawatir dan cemas karena status tanah yang ditempatinya belum legal. “Namun sekarang adanya Surat Hak Tanah, mereka sudah lega dan tidak risau lagi,”imbuhnya.
Program ini berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan bertujuan agar masyarakat dapat menempati lahan mereka tanpa dihantui ketakutan akan digusur. “Sertifikat itu juga bisa dimanfaatkan menjadi agunan/jaminan guna menambah modal usaha nelayan,” tandasnya. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top