Sulselbar

Kalatiku: Gaji Honorer Naik Dua Kali Lipat

RANTEPAO, BKM — Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 PGRI) Kkabupaten Tana Toraja Jumat digelat di halamanSMA Kristen Barana, diikuti kurang lebih 200 guru se-Toraja Utara. Bupati Kalatiku Paembonan inspektur upacara. Melalui HUT PGRI ke-71 momentum menerapkan strategi bagaimana mencerdaskan bangsa dan tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan.
”Gaji honorer guru baru Rp 520 ribu tidak sebanding dengan nilai pengabdian para guru. Makanya akan kita naikan dua kali lipat,” ujar Kalatiku.
Kenaikan ini berlaku tahun 2017 upah dinaikkan dua kali lipat menjadi Rp.1.560 ribu per bulan.
Menurut Bupati sektor pendidikan adalah program pemerintahan Kaboro terus menjadi perhatian. Sebab di Torut tidak ada industri sehingga harus mengandalkan sumber daya manusia.
Di tanah rantau kata dia orang Toraja menempati jabatan strategis. Oleh karena itu peningkatan sumber daya menusia melalui lembaga pendidikan harus dimulai dari kampung.
Untuk itu mewujudkan pendidikan Toraja Utara adalah sebuah keharusan. Para guru juga harus memiliki kompetensi karena mereka adalah menjadi ujung tombak dalam menentukan majunya sektor pendidikan.
”Selama ini diberbagai lomba dan OSN perwakilan Torut cukup diperhitungkan. Hasilnya menjadi juara dan prestasi tersebut sebagian dipersembahkan SMA Kristen Barana,”imbuh Kalatiku (gus/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top