Bisnis

HIPGABI Workshop di Karebosi Condotel

IST PRESENTASI -- Ketua HIPGABI pusat, Amelia Kurniati sedang mempresentasikan berbagai hal dalam upaya meningkatkan profesionalisme anggota HIPGABI.

MAKASSAR, BKM — Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sekaligus peningkatan profesionalisme perawat dalam melakukan penangggulangan penderita yang mengalami kondisi kegawatdaruratan, organisasi profesi perawat, yaitu Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) mengadakan workshop The 6th Annual Scientific Meeting of Emergency Nursing (ASMEN) 2016.
Workshop ASMEN 2016 ini berlangsung di ballroom lantai 11 Karebosi Condotel, Jumat 925/11).
Workshop dibuka secara resmi Ketua HIPGABI pusat, Amelia Kurniati SKp MN. Pada kesempatan tersebut, Amelia Kurniati menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan HIPGABI. Dan kali ini merupakan ASMEN ke 6 yang berlangsung di kota Makassar. ”Kami berharap melalui workshop ASMEN ke 6, dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para perawat. Sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini, kami berterimakasih kepada panitia dan pengurus HIPGABI Sulsel yang telah mempersiapkan dan melaksanakan workshop ASMEN 2016 ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” kata Amelia Kurniati.
Sementara itu, Ketua HIPGABI Sulsel, Abdul Rakhmat SKep NS MKes, menjelaskan, kegiatan workshop ASMEN 2016 di Makassar ini mengusung tema ‘Challenges Managing Disaster and Emergency for Nurses’. Dalam kegiatan ini dihadirkan sejumlah pakar dibidang keperawatan yang akan membawakan beberapa materi terkait penatalaksanaan tindakan kegawatdaruratan. Materi-materi tersebut di antaranya upadate Guidline Basic Life Support berdasarkan American Heart Association (AHA) 2015, Triage and Code Blur System, Hospital and Disaster Management, Management Basic Surgical Skill, kolaborasi Interprofesional dalam tindakan kegawatdaruratan. Termasuk akan dibahas tentang aspek legalitas dalam dunia kegawatdaruratan. ”Semuanya ini mempunyai satu tujuan sebagai media pembelajaran tentang isu terbaru keperawatan gawat darurat dan bencana,” jelas Abdul Rakhmat.
Ditambahkan, selain sebagai media pembelajaran, workshop ASMEN 2016 ini juga sebagai ajang silaturahmi ilmiah antarperawat, khususnya anggota dan pengurus HIPGABI di seluruh Indonesia. ”Workshop ini diikuti sekitar 200 peserta yang datang dari 17 provinsi dan akan dilanjutkan dengan seminar internasional keperawatan gawat darurat yang akan berlangsung pada Sabtu (26/11) di Menara Bosowa Makassar dengan jumlah peserta sekitar 800 orang,” kata Rakhmat. (mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top