Hari Guru, None Cuci Kaki Gurunya – Berita Kota Makassar
Headline

Hari Guru, None Cuci Kaki Gurunya

IST CUCI KAKI-Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mencuci kaki Isa Haya, gurunya ketika duduk di bangku SD. None melakukan ini dalam rangka Hari Guru yang diperingati, Jumat (25/11).

MAKASSAR, BKM — Hari Guru tahun ini menjadi momen tak terlupakan bagi Isa Haya (60). Ia didatangi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H Irman Yasin Limpo di kediamannya Jalan Garuda Buntu, Makassar, Jumat (25/11).
Kadis yang akrab disapa None itu memanfaatkan momen Hari Guru dengan mendatangi Isa Haya, gurunya waktu SD. Mengetahui yang datang adalah None, sang guru tak bisa menyembunyikan rasa kaget bercampur haru.
”Tidak salahji anakku Pak None, Pak Kadis Pendidikan datangika?” ujar Isa Haya setengah tak percaya. Diapun menyambut kedatangan None dengan pelukannya yang hangat.
“Iye, maafkanka Bu. Saya datang ke sini untuk meminta maaf. Sekaligus menyampaikan selamat Hari Guru,” ujar None yang datang mengenakan baju batik warna coklat serta bercelana jeans warna hitam.
Setelah berbicara sejenak, dan berbincang masa lalu waktu masih SD, None kemudian meminta izin kepada sang guru. Ia meminta kesediaan Isa Haya agar diperbolehkan membasuh kaki sang guru sebagai bukti baktinya pada orang yang pernah memberi dan membekalinya ilmu pengetahuan.
“Izinkan saya mencuci kakita. Ini bukan apa-apa. Tidak akan bisa membalas kebaikanta dan jasa-jasata selama ini, yang telah mengajari saya. Mungkin sayalah murid bandel,” ujar None.
Sang guru pun berdiri menuju ke pekarangan rumahnya. Sambil duduk di atas kursi ia berhadapan dengan None yang siap membasuh kakinya. Sebuah baskom warna biru berisi air bersih sudah disiapkan.
“Maafkanka. Izinkan saya mencuci kakita,” kata None. Ia kemudian menggapai kaki sang guru dan mencucinya dengan kedua tangannya.
Sambil terisak, sang guru mengangkat kakinya dan membiarkan sang murid mencuci kakinya. “Anak muridku dulu ini, sekarang sudah jadi seorang kadis. Dia dia bupati Lutim. Anak muridku juga itu Pak Syahrul Yasin Limpo yang gubernur sekarang,” ujarnya bangga.
Keluarga Isa Haya yang menyaksikan hal ini, tak bisa menahan tangisnya. Mereka terlihat meneteskan air mata. Haru tentunya.
(rls)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top