Berita Kota Makassar | Filosofi Nama
Headline

Filosofi Nama

IST Kamasean Yoce Matthew

NAMANYA cukup unik. Kamasean Yoce Matthew. Dia adalah dara manis berdarah Toraja-Batak. Pentolan Indonesian Idol musim ketujuh.
Diakui, nama yang disematkan oleh kedua orang tua pada dirinya itu memiliki makna yang sangat dalam. Kamasean, dimaknai sebagai welas asih, dikasihi, disayangi. Nama itu, diharapkan kedua orang tuanya sebagai representasi watak dan sifatnya sebagai orang yang selalui mengasihi dan dikasihi sesama manusia.
Dara kelahiran 30 Juni 1995 ini mengaku sangat bangga, serta berterima kasih atas nama yang diberikan orang tua padanya.
“Saya sangat bangga dengan nama yang diberikan papa-mama padaku,” jelasnya di sela-sela penampilannya menghibur warga Makassar belum lama ini di kawasan Centre Point of Indonesia (CoI).
Kendati lahir dan besar di tanah rantau, gadis berambut panjang ini tidak pernah melupakan adat istiadat keluarganya. Malah, dia bangga dengan beragam kekayaan adat Kabupaten Tana Toraja yang cukup terkenal seantero dunia.
Dia bangga, Toraja memiliki budaya ma’badong, rambu solo, rambu tuka, dan masih banyak lagi.
Sebagai penyanyi terkenal di tanah air, gadis yang akrab disapa Sean ini pun tak segan-segan menyematkan budaya Toraja saat performance.
Seperti menyapa masyarakat dengan teriakan khas Toraja.
“Meollikomiiio… uuuhuuui,” lengkingnya dan ditimpali teriakan serupa dari audiens.
“Saya punya darah Toraja. Bapak Toraja dan ibu Batak,” akunya.
Dia juga tak segan-segan menyanyikan lagu daerah Toraja di berbagai event dimana dirinya tampil.
“Kalau bukan kita yang membantu mempromosikan kebudayaan nenek moyang, siapa lagi,” pungkasnya. (rhm/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top