74 Sekolah akan Diakreditasi di Maros – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

74 Sekolah akan Diakreditasi di Maros

MAROS, BKM — Sedikitnya 74 sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se kabupaten Maros telah diusulkan untuk diakreditasi Badan Akreditasi Propinsi (BAP). Kepala Seksi Akreditasi Sekolah dan Lembaga Pendidikan Dinas Pendidikan, Muh Ridwan Spd, di kantornya, Kamis (24/11), mengemukakan, jumlah sekolah tersebut ada yang sudah berahir masa akreditasinya, ada yang mau naik status dari tipe C ke B atau A. Dan ada pula yang baru mau diakreditasi.
Ditambahkan, akreditasi itu sangat penting. Karena itu dibutuhkan kelayakan operasional kelembagaan sekolah. Jadi sekolah harus memenuhi delapan standar pendidikan, di antaranya standar isi, proses, lulusan tenaga kependidikan, sarana dan prasara, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian.
Sementara itu, Hidayat salah seorang asesor BPP yang dihubungi secara terpisah mengatakan, pentingnya sekolah diakreditasi arena siswa dan guru yang mengajar di sekolah tersebut bisa meningkatkan mutu pendidikan. Karena selama ini masih banyak kepala sekolah mengaggap sepele tentang pentinya akreditasi sekolah.
Pasalnya, sanksi tegas bagi kepala sekolah yang tidak dapat terakreditas (TT) maka tidak dibolehkan melaksanakan ujian sendiri meski sekolah berstatus sekolah negeri atau swasta. Juga, kepala yang tidak terakreditas tidak dibenarkan untuk menandatangani ijazah siswanya. ”Kepala sekolah yang akan diakreditasi sekolahnya mulai saat ini dapat membenahi delapan standar pengelolaan sekolah,” harap Hidayat.
Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tehnik Daerah (UPTD) Cenrana, H Hamka Hamadun SSos, mengatakan, sekolah yang akan diakreditas sebaiknya mulai saat ini membenahi delapan standar yang akan dinilai. Namun demikian, masih ada sebagian kepala sekolah menggap akreditasi adalah hal biasa. Padahal, akreditasi sangat penting karena menyangkut masalah peningkatan mutu pendidikan. Makanya, jika dinas pendidikan atau Pemkab memberikan ketegasan kepada kepala sekolah yang tidak lolos sekolahnya akreditasi, turun tipenya dan disanksi pencopotan maka kepala sekolah pasti berlomba untuk mengikuti akreditasi dengan baik. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top