Makassar Pilot Project Aplikasi JAGA – Berita Kota Makassar
Metro

Makassar Pilot Project Aplikasi JAGA

MAKASSAR, BKM– Untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di sektor strategis, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperkenalkan aplikasi JAGA.
Kota Makassar menjadi salah satu kota yang menjadi pilot project atau percontohan dalam penerapan aplikasi JAGA, setelah Pontianak, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Banten, Pekanbaru, dan Banda Aceh.
Aplikasi JAGA tersebut menjadi representasi kepedulian masyarakat dan pemerintah daerah terhadap sekolah, rumah sakit, puskesmas dan PTSP untuk menyediakan layanan dan fasilitas yang bersih dan transparan.
Hal tersebut yang disampaikan Deputi Bidang Informasi dan Data KPK, Hary Budiarto saat berkunjung ke Kantor Balai Kota Makassar.
Hary menambahkan, rencananya, launching aplikasi JAGA pada 9 Desember mendatang yang dibuka secara langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertepadan dengan peringatan Hari Anti Korupsi.
“Tiga bidang pelayanan publik yang menjadi sasaran aplikasi JAGA yaitu pendidikan, kesehatan, dan perizinan. Untuk awal 2017, kita bentuk percontohan di beberapa kota dengan harapan dapat diterapkan di 500 kota yang tersebar di 34 provinsi,” jelas Hary, Kamis (24/11).
Dia menambahkan, aplikasi JAGA sudah dapat diunduh masyarakat melalui play store yang ada pada telepon selular berbasis android. Setelah mengunduh aplikasi Jaga, masyarakat dapat berdiskusi di forum yang tersedia yang terkoneksi dengan media sosial serta menyampaikan keluhan yang ada.
Bukan hanya itu, di aplikasi Jaga yang dihadirkan KPK masyarakat dapat memantau atau mengecek setiap anggaran pendidikan yang dikelola sekolah. Sedangkan pada bidang kesehatan masyarakat juga dapat mengetahui jumlah kamar rawat inap yang masih tersedia dan dibidang perizinan masyarakat dapat menerima informasi terkait jenis perizinan, waktu pengurusan, dan lamanya waktu yang dibutuhkan penerbitan izin, serta status permohonan izin.
“Masyarakat juga bisa mengajukan perizinan secara online dan bisa melakukan pengaduan terkait layanan perizinan. Kehadiran aplikasi Jaga menumbuhkan kesadaran pentingnya transparansi pada setiap layanan publik, aplikasi ini juga mengajak keterlibatan masyarakat dalam pemantauan dan pelaksanaan kegiatan layanan publik di sektor pendidikan, kesehatan dan perizinan,” katanya.
Menyikapi hal itu, Wali Kota Makasaar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku siap mensukseskan dan menjadi pilot project pemberlakuan aplikasi JAGA di Kota Makassar. Sebab menurut Danny sapaan akrabnya, kehadiran aplikasi Jaga dapat membantu penyelenggaraan pemerintah semakin transparansi. “Aplikasi Jaga Indonesia sangat membantu dan membuat penyelenggaraan pemerintahan semakin bersih, transparan, dan akuntabel,” singkatnya. (arf)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top