Geopolitik Bugis-Makassar Diinginkan di Pilgub – Berita Kota Makassar
Politik

Geopolitik Bugis-Makassar Diinginkan di Pilgub

Ist BERPASANGAN--Dua bakal calon Gubernur Sulsel bertemu yakni HAM Nurdin Halid dengan Abd Aziz Qahhar Mudzakkar beberapa waktu lalu. Keduanya dikabarkan akan berpasangan di Pilgub 2018 mendatang.

MAKASSAR, BKM–Paket bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel dengan latar belakang Geopolitik Bugis-Makassar sangat didambakan masyarakat Sulsel pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang.
Besarnya dambaan masyarakat atas paket geopolitik Bugis-Makassar mencapai hingga 67 persen, sementara sisanya yakni sekitar 30 persen menginginkan paket geopolitik Bugis-Luwu serta geopolitik Makassar-Bugis.
Hal tersebut dikemukakan peneliti dari lembaga survei dan konsultan politik Citra Komunikasi (Cikom) Wiliady, Kamis (24/11) kemarin.
Menurut Adi-panggilan akrab Wiliady, keinginan publik di Sulsel nanti berbanding terbalik saat pelaksanaan Pilgub 2013 lalu. Untuk itu dengan kondisi tersebut, maka bakal calon gubernur nanti yang berasal dari geopolitik Bugis seperti Agus Arifin Numang, Nurdin Halid, Rusdi Masse, Akbar Faisal, Abd Rivai Ras dan Ahmad Tanribali tentu akan mengincar calon wakil dari daerah selatan atau Makassar.
Informasi yang dikumpulkan koran ini, Agus sedang mengincar wakil dari Selatan yakni Nurdin Abdullah atau Ichsan Yasin Limpo, sementara Nurdin Halid mendekati Abd Aziz Qahhar Mudzajkar. Adapun Ichsan juga berpeluang mendapatkan wakil dari geopolitik bugis seperti Rusdi Masse, Akbar Faisal atau Andi Cakka dan Luthfi A Mutty dari Utara.
Menurut Adi, bilamana Agus berhasil berpasangan dengan Nurdin Abdullah, maka peluang menang sangatlah besar, jelasnya. Sekedar diketahui, lembaga Cikom merupakan anak perusahaan dari PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Danny JA.
Sementara itu, Ikatan alumni Fakultas Hukum UMI memberikan dukungan kepada Ichsan sebagai calon Gubernur mendatang. Hal ini terungkap dalam acara yudisium 74 mahasiswa Fakultas Hukum di Aula Hijaz UMI, Kamis (24/11). “Kami siap mendukung Ichsan,”ujar para yudisium serempak.
Dalam kesempatan itu, Ichsan juga mengaku akan menggelar reuni akbar dan jalan santai serta kuliner. “Saya harapkan seluruh anggota IKA termasuk sarjana yang diyudisium hari ini ikut serta dalam kegiatan IKA nanti,”ujarnya.

IPI : SYL Masih Menjadi Magnet Jelang Pilgub Sulsel

PEMILIHAN Gubernur Sulsel masih menyisahkan waktu sekitar 19 bulan lagi, namun sejumlah figur telah muncul bersosialisasi untuk mengdongkrak popularitas dan tentunya juga elektabilitas mereka. Figur yang disebut sebut akan maju di Pilgub Sulsel adalah, Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Agus Arifin Nu’mang, Akbar Faizal, Azis Kahar, Lutfi A Mufti, Burhanuddin Andi, Abdul Rivai Ras, Rusdi Masse, Tanribali Lamo dan Nurdin Halid.
Analis Politik dari PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menilai Pilgub Sulsel semakin menarik karena kehadiran banyak tokoh, termasuk Nurdin Halid, Tanribali dan Rivai Ras yang selama ini berkiprah di level nasional.
Hanya saja, untuk saat ini publik masih menunggu seperti apa pesan yang akan disampaikan Gubernur Sulsel dua periode Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Menurut Suwadi, di Pilgub Sulsel publik juga ingin agar pengganti SYL nanti juga punya kemampuan seperti Komandan bahkan lebih baik dari dia, sebab dimata publik kinerja SYL selama memimpin Sulsel cukup berhasil dan membanggakan, “Untuk itu harapan besar publik sosok pengganti SYL juga mumpuni dan punya terobosan yang tak kalah dari Gubernur SYL,”ujar Suwadi kemarin.
Jika sehari sebelumnya Cikom mengunggulkan Agus AN, maka kini IPI lebih mengunggulkan Nurdin Abdullah. Menurut Suwadi hingga kini elektabilitas Nurdin Abdullah masih tertinggi. Nurdin menurutnya, sosok figur yang sepadan dengan SYL dari segi sumber daya, inovasi, serta keahlian dalam membangun hubungan nasional, namun bakal calon lain juga masih terbuka untuk mengejar survei Nurdin. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top