Sulselbar

Diknas Sulbar Tangani Gaji 4.170 Guru dan PNS

BKM/ALALUDDIN Musakkir Kulasse

MAMUJU, BKM — Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulbar akan mulai menangani gaji para tenaga guru, Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se provinsi Sulbar mulai Januari 2017. Pengambilalihan penggajian ini menyusul dialihkannya tanggung jawab para guru SMA dan SMK dari pemerintah kabupaten dan kota ke pemerintah provinsi sesuai yang diamanahkan dalam Undang-undang.
Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulbar, Drs H Musakkir Kulasse MM, ketika ditemui BKM di ruang kerjanya, Rabu (23/11), mengatakan, jumlah guru SMA dan SMK dari enam kabupaten yang dialihkan ke Pemprov Sulbar mencapai 4.170 orang. Jumlah ini terbagi atas 2.170 guru dan PNS serta 2.000 berstatus non PNS. Mereka tersebar di 272 sekolah se provinsi Sulbar.
Musakkir menilai, pascaperalihan masih banyak yang dibutuhkan untuk memaksimalkan di seluruh Sulbar. ”Bahkan, ada sekolah hanya satu kepala sekolahnya. Lainnya non PNS yang menanganinya. Sehingga tentu dibutuhkan tenaga guru dimasa akan datang,” kata Musakkir.
Bahkan, tambah Musakkir, ada beberapa kabupaten yang kekurangan tenaga guru berstatus PNS. Di antaranya di kabupaten Mamasa. Soalnya, saat ini disejumlah kabupaten di Sulbar masih kekurangan tenaga guru. ”Tenaga guru pada tingkat SMA dan SMK di seluruh Sulbar ini masih banyak tenaga guru bertatus non PNS. Sehingga perlu ada penambahan tenaga guru berstatus PNS. Hanya saja, untuk pengangkatannya, itu kewenangan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) serta pihak pusat,” ujar Musakkir. (ala/mir/c)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top