Dewan Sorot Anggaran Dinas PU Berlebihan – Berita Kota Makassar
Metro

Dewan Sorot Anggaran Dinas PU Berlebihan

MAKASSAR, BKM– Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar, mengkritik rencana pengadaan alat pompa angin atau compressor sebesar Rp450 juta dan Ganset sebesar Rp500 juta diDinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Pokok 2017.
Anggota Banggar DPRD Makassar, Andi Nurman menilai, pengadaan pompa angin sama sekali tidak pernah dikaji oleh Dinas PU. Tidak hanya itu, beberapa nomenklatur yang ada di PU yang berkaitan pengadaan barang dan jasa dianggap asal memasukkan angka yang begitu besar tanpa melihat harga yang sebenarnya di lapangan.
“Penyusunan nomenklatur ini patut dipersoalkan. Arahan Banggar selama ini agar anggaran diverifikasi dengan baik sebelum disedorkan ke DPRD tidak pernah dilakukan. Ini buktinya, masih masih ada usulan anggaran yang tidak realistis,” ungkapnya di ruang Banggar gedung DPRD Makassar, Kamis (24/11).
Misalnya, tambah legislator Fraksi Golkar ini, nomenklatur belanja untuk compressor yang dianggarkan sebesar Rp450 juta sungguh tidak diperhitungkan. Menurut dia, compressor seharga sebesar Rp7 juta saja dengan mesin kapasitas 7 PK dapat memompa semua jenis ban termasuk ban skapator, loder dan sebagainya.
“Kami di dewan ini bukan orang buta terhadap harga barang seperti itu. Coba dijelaskan dulu, jenis pompa angin seperti apa yang mau dibeli sampai main ratusan juta,” ujarnya.
Tidak hanya pengadaan compressor yang disoroti, tapi juga anggaran untuk pembelian ganset sebesar Rp500 juta lebih. Pihaknya menduga, penyusan anggaran yang dilakukan oleh PU hanya asal-asalan tanpa melakukan kroscek barang di lapangan, pemkot juga dianggap tidak memanfaatkan teknologi untuk melihat jenis barang yang akan dibeli.
“Saat ini info jenis barang dapat dilihat di internet. Kita cek-cek mi harganya,” tuturnya.
Anggota Banggar lainnya, Abdi Asmara, ikut mengkritisi anggaran pengadaan compressor itu. Menurut dia, jika hanya untuk memompa ban, dengan harga Rp7-10 juta sudah cukup. “Kita ingin semua anggaran yang diusulkan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan peruntukan dan harganya,” tegasnya.
Menyikapi hal itu, Kepala Dinas PU, M Ansar hanya menuturkan optimismenya untuk melakukan pembenahan infrastruktur kedepan, termasuk pengendalian banjir dan perbaikan gorong-gorong.(ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top