Gojentakmapan

Dewan Maros Sahkan APBD 2017

MAROS, BKM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Maros mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 kabupaten Maros. Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Maros di gedung Baruga A kantor bupati Maros, Senin (22/11).
Dalam rapat paripurna ini disahkan pendapatan sebesar Rp1,2 triliun atau berkurang sebesar Rp221 miliar. Nilai ini menurun dari perencanaan pendapatan semula sebesar Rp1,4 triliun. Hal ini terjadi karena adanya pengurangan anggaran dari pusat yang terjadi sejak tahun 2016 lalu.
Dari pendapatan ini, rencana Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maros sebesar Rp180 miliar lebih atau bertambah sekitar Rp4 miliar dibanding tahun 2016 lalu. Sedangkan rencana belanja daerah dianggarkan sebesar Rp1,2 triliun atau berkurang sebesar Rp197 miliar.
Menyikapi terjadinya penurunan pendapatan ini, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Maros, Akbar Endra menyarankan kepada Bupati Maros, HM Hatta Rahman untuk melakukan rencana strategi peningkatan PAD. ”Terutama dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah. Mengingat, sumber-sumber PAD Maros jika dimaksimalkan maka hasilnya bisa melebihi dari yang direncanakan,” bebernya.
Sementara itu, Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 mengalami pengurangan sebesar Rp200 miliar dari rencana sebesar Rp412 miliar. ”Jumlah ini termasuk DAK untuk fisik dan non fisik, makanya berkurang APBD 2017 sehingga kita melakukan efisiensi anggaran pada 2017 dan mencari sumber-sumber PAD lainnya,” ujar Hatta yang menghadiri langsung paripurna pengesahan APBD 2017 ini.
Pengesahan APBD 2017 kabupaten Maros ini merupakan yang kedua di Sulsel setelah kabupaten Sidrap. Menurut Hatta, pihaknya memang berusaha agar APBD disahkan lebih cepat agar program yang disusun untuk tahun mendatang juga bisa lebih cepat terealisasi. (ari/mir/c)?

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top