Banjir Bandang Landa Bilibili – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Banjir Bandang Landa Bilibili

GOWA, BKM — Ratusan warga Bilibili, kecamatan Parangloe dihantam banjir bandang. Puluhan rumah warga terendam dan sejumlah warga hanyut dan tenggelam dibawa arus luapan banjir yang menyapu hulu sungai Jeneberang. Dalam kondisi banjir itu, pemerintah kecamatan setempat langsung melakukan koordinasi ke kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Gowa yang kemudian diteruskan ke bupati Gowa.
Mendengar laporan adanya bencana banjir yang terjadi sejak Kamis dinihari (24/11), Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan langsung menghubungi Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Willy Brodus Yos Rohadi sebagai Komandan Tanggap Darurat Bencana Gowa. Dandim Willy Brodus usai menerima perintah kesiagaan langsung dari bupati Gowa pun meneruskan koordinasinya kepada Kepala BPBD Gowa, Abd Latif HAS selaku wakil komandan Tangap Darurat Bencana untuk segera melakukan kontak sistematis kepada link-link petugas tanggap darurat di bawahnya.
Seketika ratusan stakeholder yang menjadi bagian dari satuan sistem komando siaga di posko induk, melakukan koordinasi aktif untuk evakuasi di lokasi bencana banjir bandang tersebut. Sejumlah korban hanyut yang berhasil diselamatkan dievakuasi dan dibawa ke posko induk komando. Sementara warga lainnya diangkut menuju pengungsian di area posko induk untuk mendapatkan tindakan medis dan pelayanan dapur umum yang telah disiapkan.
Kejadian banjir bandang ini adalah skenario simulasi uji lapang rekon banjir dan sistem komando tanggap darurat yang digelar Pemkab Gowa dan dibuka resmi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di lapangan Syekh Yusuf Sungguminasa, Kamis (24/11) siang kemarin. Hadir dalam uji lapang itu dua orang fasilitator nasional dari BNPB pusat yakni Anton dan Tanti. Turut hadir Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate, Muspida, pimpinan SKPD lingkup Pemkab serta para camat, kades dan lurah.
Kepala BPBD Gowa, Abd Latif HAS didampingi Penangungjawab Operasional Kegiatan, Hj Aminah Rasiman yang juga Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Bencana Kabupaten Gowa mengatakan, uji lapang yang mengambil lokasi banjir bandang yakni hilir sungai Jeneberang di lingkungan Mangasa, kelurahan Pandang-pandang, kecamatan Somba Opu, Gowa ini melibatkan sekitar 400 orang stakeholder yang tergabung dalam TRC (Tim Reaksi Cepat) masing-masing BPBD, PDAM, polisi, TNI, SAR, dinas kesehatan, dinas sosial Nakertrans, Tagana, Senkom, PMI, Damkar, dinas PU, dinas PSDA, dinas perhubungan Kominfo, Satpol PP, media, Orari/Rapi, karang taruna, para camat, kades dan lurah, serta instansi terkait lainnya. (sar/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top