10 Tahun Dibangun, PPN Untia Diresmikan Presiden Besok – Berita Kota Makassar
Headline

10 Tahun Dibangun, PPN Untia Diresmikan Presiden Besok

MAKASSAR, BKM — Presiden RI, Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Makassar. Informasi yang diperoleh BKM, Presiden akan bertolak dari Jakarta ke Makassar hari ini usai salat Jumat (25/11).
Diperkirakan, orang nomor satu di Indonesia itu tiba di Makassar sore hari. Rencananya, presiden akan menginap semalam di kota ini.
Ada dua agenda utama yang akan dihadiri Jokowi. Jumat malam, presiden akan menghadiri sosialisasi tax amnesty di Hotel Grand Clarion. Keesokan paginya, presiden akan meresmikan pengoperasian Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Untia.
Pembangunan pelabuhan perikanan tersebut dimulai sejak 2005 lalu. Karena keterbatasan anggaran, pembangunan dilaksanakan sekitar 10 tahun dan baru akan diresmikan besok, Sabtu (26/11).
Pelabuhan berlokasi di Jalan Salodong, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kelautan, Pesisir dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Natsir Mallawi, pelabuhan ini dibangun untuk melayani aktifitas bongkar muat kapal-kapal ikan. Juga untuk tempat pelelangan dan industri pengolahan ikan.
Pelabuhan bersama segala fasilitasnya dibangun di atas lahan sekitar 30 hektare.
Sejumlah fasilitas dibangun dalam kawasan pelabuhan itu. Diantaranya dermaga untuk tempat berlabuhnya kapal.
Pelabuhan Untia melayani kapal-kapal nelayan, baik yang berskala kecil maupun besar. Pelabuhan tersebut bisa menampung kapal ikan dengan kapasitas hingga 100 gross tonase (GT) sebanyak 6-8 unit. Sementara untuk kapal kecil kapasitas sekitar 30 GT, bisa sampai puluhan unit kapal.
“Itu untuk daya tampung yang di dalam. Ada juga kolam yang dibangun untuk tempat kapal kecil berlabuh. Sementara di luar kawasan pelabuhan, tentu bisa lebih banyak kapal lagi,” jelas Natsir, kemarin.
Dia menyebut sejumlah fasilitas yang telah dibangun dalam kawasan pelabuhan itu. Diantaranya kantor untuk pengelola pelabuhan, fasilitas penunjang untuk tempat pelelangan ikan (TPI), ruang pertemuan bagi nelayan, workshop alat tangkap, sarana air bersih, dermaga tempat kapal bersandar, hingga musallah.
Sementara untuk fasilitas cold storage atau pendingin, belum disiapkan. Alasannya, itu akan dibangun investor yang ingin menanamkan modal di sana.
Di kawasan tersebut disiapkan lahan seluas lima hektare untuk investor yang akan mendirikan industri pengelolaan ikan. Sudah ada beberapa investor yang tertarik menanamkan ibnvestasinya. Termasuk perusahaan BUMN. Diantaranya PT Perikanan Nusantara, PT Perikanan Indonesia, dan sejumlah perusahaan swasta.
Menurut Natsir, PPN Untia dibangun menggunakan anggaran total senilai Rp300 miliar. Sudah termasuk infrastruktur jalan masuk ke lokasi tersebut.
Diharapkan, setelah Presiden Jokowi meresmikan pelabuhan itu, sudah bisa dimanfaatkan. (rhm/rus)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top