Sulselbar

TP4D Desak Percepatan Proses Pembebasan Lahan

DESAK -- TP4D Pemkot Parepare mendesak pelaksana proyek akan mempercepat pembebasan lahan agar progres pengerjaan bisa lebih cepat.

PAREPARE, BKM — Proses pembebasan lahan jalan Jenderal Sudirman yang dipastikan akan menjadi penyebab keterlambatan pekerjaan pelebaran jalan di kawasan tersebut. Hal ini menjadi perhatian Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kota Parepare.
Kejari Parepare, Reskiana Ramayanti mendesak pelaksana dan juga KPA agar pelebaran jalan Jendral Sudirman yang tengah berlangsung segera diselesaikan secara konsinyiasi agar pelaksanaan proyek lebih cepat.
“Lahan yang belum dibebaskan segera dilakukan langkah konsunyiasi ke pengadilan agar bisa mendapatkan kekuatan hukum tetap untuk dilakukan pelebaran jalan. Pasalnya hingga kini progresnya belum maksimal sementara waktu yang tersisa hanya satu bulan lebih,”tegasnya.
Dia bahkan meminta agar pekerjaan ini harus segera dimaksimalkan dan sebaiknya dikerjakan siang malam kalau itu bisa mempercepat prosesnya.
“Kalau perlu kita sudah tanya untuk segera pembangunannya dipercepat sebelum batas akhir waktu pelaksanaan,”terangnya.
Selain itu, pihak tim pembebasanlahan cepat kordinasi dengan kepalkka satuan Brimob agar lahanya dibebaskan,”jadi tim pembebasan harus menyurat ke Brimob sebagai dasar mengiayakan lahanya dibebaskan agar cepat rekanan bekerja,”tuturnya.
Sementara Kepala Dinas PU Kota Parepare, Syamsuddin Taha mengatakan, pihaknya telah menekankan kepada pelaksana agar menyelesaikan hingga batas waktu yang ditentukan.
“Yah, saya sebagai KPA terus menekankan agar ini bisa segera dilaksanakan, dan kami sudah warning agar tidak melewati batas,”tandasnya.
Hingga kini pelaksana telah melakukan penyelesaian kuran 9 persen dari total target. “Targetnya 68 persen dalam minggu kemarin namun yang diselesaikan pelaksana 53,9 persen,”pungkasnya.
Asisten I Pemkot Parepare, mengatakan pihaknya telah mendaftarkan sebanyak 14 pemilik lahan di lokasi tersebut unruk segera dilakukan proses hukumnya.
“Kami sudah daftarkan dipengadilan Negeri Parepare untuk dilakukan langkah Konsinyiasi,”akunya.
Kepala Dinas Tata ruang dan Penerangan jalan Kota Parepare, Kadarusman, mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya bersama PLN juga segera melakukan pemasangan Tiang Listrik untuk pemindahan yang berada dijalan. (smr/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top