Headline

Susah Tahan Nafas, Diulang Berkali-kali

IST MANNEQUIN CHALLENGE-Salah satu potongan video mannequin challlenge yang dilakukan mahasiswa Psikologi UNM.

JAGAT maya telah dihebohkan banyak fenomena unik gaya tarian. Mulai dari gangnam style, harlem shake, runningman challenge, dab dance, dan terakhir PPAP. Kini muncul gaya baru bernama mannequin challenge.

Laporan: Nugroho

AKHIR-AKHIR ini banyak orang di seluruh dunia menggunggah video mannequin challengenya di Youtube, maupun media sosial seperti Facebook dan Instagram.
Mannequin Challenge adalah tantangan mematung bak maneken yang dilakukan oleh satu atau beberapa orang, yang kemudian direkam dalam bentuk video.
Telah banyak orang dari seluruh dunia yang melakukannya. Mulai dari politikus, pemain sepakbola, artis, bahkan masyarakat biasa. Di Indonesia sendiri beberapa artis ternama pernah melakukan tantangan serupa. Sebut saja Raffi Ahmad, Aming, dan Jordi Onsu.
Fenomena mannequin challenge juga telah merebak di Makassar. Tak mau kalah, para kawula muda di kota ini baramai-ramai melakukan tantangan tersebut.
Salah seorang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain mengaku pernah membuat video dengan tantangan mannequin challenge. Husain melakukan tantangan tersebut bersama tujuh rekannya dari Fakultas Psikologi seusai Lomba Debat Pikologi Nasional di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (19/11).
“Mahasiswa Psikologi semua. Dari kami yang ikut lomba semua. Kebetulan ada juga yang lanjut kuliah di Unair,” ujar Husain.
Mahasiswa angkatan 2014 ini, mengatakan ia mengetahui mannequin challenge dari Facebook dan Instagram. “Dari Facebookji sama Instagram. Lagi kekinian bede,” lanjut Husain. Tantangan yang mereka lakukan pun telah dilihat sebagian orang saat mereka unggah pertama kali di Facebook dan Instagram.
Husain dan rekan-rekannya membuat video tantangan mannequin challenge hanya untuk hiburan. Meski begitu, ia mengatakan dalam video yang dibuatnya itu mengandung makna. “Mungkin ada hikmahnya kalau waktu sejenak berhenti, supaya bisaki beristirahat dari lelahnya hidup,” ucap Husain sambil sedikit tertawa.
Ternyata, tidak mudah melakukan tantangan tersebut. Salah satu rekan Husain yang ada dalam video, Zulfikar mengatakan hal tersulit adalah ketika menahan nafas. “Berapa kaliki harus diulang, karena susah tahan nafas. Belum lagi merahki mata karena ndak boleh berkedip,” celetuk Zulfikar.
Namun di balik kesulitan itu, ada hal positif yang dirasakan. Mereka mengatakan jika dengan melakukan tantangan itu, bisa berkumpul lebih dekat dan tertawa bersama.
Bukan hanya Husain dan Zulfikar yang telah eksis melakukan tantangan mannequin challenge di Makassar. Salah satu tenaga pengajar di Lembaga Bimbingan Study Centre of Indonesia (SCI), Muhammad Ruhiyat mengaku juga pernah melakukan tantangan tersebut.
Ruhiyat melakukannya bersama para siswanya setelah selesai mengajar di salah satu ruang kelas lembaga bimbingan yang dulunya bernama Ranu Prima College (RPC). Ruhiyat mengaku bermanekin ria sekadar mengisi waktu.
“Ya isengji. Apalagi kan memang itu ngetrenki di sosmed. Dan kupikir gampang bikin video begitu,” ucap Ruhiyat.
Ruhiyat yang juga merupakan salah satu alumni UNM mengatakan hal tersulit dalam melakukan tantangan ini adalah menjadi patung maneken. “Ya, yang bikin sulit itu haruski jadi patung manekin toh. Bergerak sedikit pasti jelek hasilnya. Dan harus juga tahan nafas,” lanjut Ruhiyat.
Dalam pengambilan gambarnya, Ruhiyat juga mengatakan butuh 10 kali retake agar hasilnya terlihat bagus. (*/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top