Tonasa Bangun Sanggar Seni di Biring Ere – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Tonasa Bangun Sanggar Seni di Biring Ere

IST SANGGAR SENI -- Direktur Produksi PT Semen Tonasa, Joko Sulistiyanto disambut prosesi adat saat meresmikan sanggar seni di desa Biring Ere, kecamatan Bungoro, kabupaten Pangkep.

PANGKEP, BKM — Kebudayaan merupakan identitas suatu daerah yang perlu untuk dilestarikan. PT Semen Tonasa sebagai perusahaan industri yang beroperasi di kawasan timur Indonesia, sangat mendukung pengembangan kebudayaan. Utamanya masyarakat yang berada di sekitarnya. Melalui program CSR Tonasa Bersaudara pada pilar Tonasa Bersahaja, PT Semen Tonasa menunjukkan kepeduliannya dengan membangun sanggar seni di desa Biring Ere, kecamatan Bungoro, kabupaten Pangkep.
Sanggar Seni ini diresmikan Rabu (16/11). Turut hadir Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid SE dan Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, Forkompinda Pangkep, Direktur Produksi PT Semen Tonasa, Ir Joko Sulistiyanto, Kepala Departemen CSR dan Umum, Ferry Djufry SE, dan tokoh masyarakat setempat.
Menurut Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, sanggar eni atau baruga yang dibuat atas bantuan CSR PT Semen Tonasa melalui program CSR Tonasa Bersaudara ini seiring dengan program visi Pemerintah Kabupaten Pangkep. Keberadaan baruga ini selain untuk membudayakan seni daerah, juga amat baik dalam memupuk silaturahmi. Sekaligus sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran menyelesaikan masalah-masalah untuk kemajuan dan kepentingan bersama.
”Dengan adanya rumah adat ini pula, kita akan menggali budaya dan harus dilakukan agar budaya kita tidak hilang. Tanpa budaya maka kita tidak akan dikenal lagi. Dengan budaya yang kita miliki tentulah akan lebih mempererat kebersamaan dan persatuan kita,” lanjutnya.
Sementara itu, Direktur Produksi PT Semen Tonasa, Ir Joko Sulistiyanto, mengatakan, keberadaan PT Semen Tonasa yang bisa terus berkembang sampai sekarang tidak terlepas dari dukungan dan sumbangsih dari seluruh stakeholder, termasuk warga desa Biring Ere. Budaya yang besar dan beranekaragam tidak dimiliki negara lain. ”Ini patut dibanggakan karena budaya kita adalah budaya yang besar dan beranekaragam. Dan yang terpenting adalah bisa terus hidup layak dan berdampingan,” ungkapnya.
Joko Sulistiyanto, pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak atas partisipasi dan dukungannya. Sehingga pembangunan sanggar seni ini bisa berjalan dengan baik hingga selesai dan diresmikan. Sedangkan Ketua Adat Tokoh Masyarakat Desa Borong Untie-Biring Ere, AS Simpuang Ago, juga amat berterima kasih kepada PT Semen Tonasa yang telah peduli terhadap budaya yang ada pada masyarakat
”Utamanya kami di sini yang memang memiliki budaya berbeda dengan daerah lainnya,” ujar Simpuang. (mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top