Kopel: Utamakan Program Rakyat Daripada Randis – Berita Kota Makassar
Metro

Kopel: Utamakan Program Rakyat Daripada Randis

MAKASSAR, BKM — Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia menyarankan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel lebih mengutamakan program prioritas yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, daripada mengadakan kendaraan dinas (randis) baru untuk Gubernur Sulsel.

Apalagi, kendaraan dinas Sang “Komandan” ini adalah mobil MPV Premium, jenis Alphard Executive Lounge yang harganya mencapai Rp1,5 miliar.
Direktur Kopel Syamsuddin Alimsyah mengemukakan, pengadaan mobil tak menjadi masalah asal argumentasinya jelas dan kuat. Misalnya gubernur butuh dukungan mobilitas yang kuat ke kampung-kampung terpencil.
“Nah apakah Alphard cocok?” ungkapnya.
Dia melanjutkan, jangan karena alasan sudah dua periode belum diganti sehingga dianggarkan. Apalagi, penganggarannya melalui APBD Perubahan 2016 ini.
“Berapa kampung yang terisolir sudah bertahun-tahun minta perbaikan jalan tapi tidak digubris. Berapa kampung yang selama ini dijual atau diklaim dalam proposal untuk pembukaan akses terpencil bahkan pinjam hingga 500 miliar 4 tahun lalu tapi sampai sekarang belum terjamah,” jelasnya.
Ketahuilah ini APBD Perubahan. Harusnya, evaluasinya kuat. Apa yang ada dalam KUA PPAS 2016 pokok belum tercapai dan anggarannya kurang, maka itu yang seharusnya disupport,” pungkas Syamsuddin.
Diketahui, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo baru saja mendapatkan kendaraan dinas (randis) baru, sebuah mobil MPV Premium, jenis Alphard Executive Lounge. Sudah sepekan lebih kendaraan itu digunakan untuk menunjang kerja kedinasannya.
Kendaraan itu menggantikan randis lama yang juga jenis Alphard dan sudah digunakan sekitar lima tahun lebih.
Randis baru berwarna hitam itu dianggarkan melalui APBD Perubahan 2016.
Selain Alphard Executive Lounge, Syahrul juga kerap menggunakan mobil putih mirip van merk Mercedes Benz jenis Sprinter.
Di Indonesia, Mercedes-Benz Sprinter dipasarkan dalam tiga varian dengan pilihan enam dan empat roda. Namun yang digunakan gubernur selama ini adalah Mercedes Sprinter empat roda.
Informasi yang diperoleh BKM, mobil tersebut dipinjampakaikan oleh salah seorang pengusaha terkenal asal Makassar.
Sebelumnya, Kepala Biro Umum Malik Faisal mengemukakan pengadaan Mercedez Benz Executive Lounge itu dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016.
Menurutnya, pengadaan randis baru untuk sang kosong satu dipandang perlu.
“Sejak menjabat di periodenya yang kedua, Pak Gubernur belum pernah mendapat randis baru,” ungkapnya.(rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top