Headline

70 Ribu Pemohon Antre, PDAM Malah Promo

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 70 ribu warga Makassar saat ini antre untuk dilayani Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Mereka masuk dalam daftar tunggu pemohon sambungan air bersih.
Pemohon ini berada di empat wilayah PDAM Makassar. Pada wilayah barat, tepatnya di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate paling banyak daftar tunggunya. Disusul Kecamatan Manggala dan Biringkanaya di wilayah bagian timur.
“Dua wilayah di Makassar, yaitu Barat dan Timur terdata yang paling banyak daftar tunggunya. Itu karena banyaknya pembangunan perumahan,” kata Muh Idris Tahir, Kabag Humas PDAM Kota Makassar, kemarin.
Menyikapi fakta tersebut, PDAM berencana menambah kapasitas produksi instalasi wilayah timur, yang saat ini 1.250 liter per detik. Selain itu, juga membangun instalasi di wilayah barat, khusus di daerah Barombong.
Untuk daftar tunggu pemohon pemasangan baru dengan jumlah terkecil, disebutkan Idris Tahir, berada di wilayah utara pelayanan 01 Jalan Andalas. Jumlahnya hanya 10 ribu pemohon. Sedangkan tiga wilayah lainnya, masing-masing berada di kisaran 20 ribu pemohon pasang baru.
Di saat daftar tunggu masih banyak, PDAM menerapkan program baru dalam menggaet pelanggan baru. Yakni memberikan potongan harga pemasangan baru sambungan air bersih untuk rumah tangga. Program promo ini juga menyasar pelanggan yang sempat terputus jaringan air bersihnya akibat menunggak.
Hanya saja, program ini tidak berlaku untuk pemasangan sambungan baru di ruko (rumah toko). Alasannya, ruko dimanfaatkan sebagai tempat usaha. Artinya, pemiliknya tergolong masyarakat mampu.
“Pemasangan baru jaringan air bersih untuk rumah tangga biayanya Rp2.350.000. Sedangkan pemasangan baru ruko Rp2,9 juta,” ujar Idris.
PDAM Makassar mencatat sebanyak 166 ribu pelanggan aktif di empat wilayah di Makassar. Wilayah utara pelayanan 01 Jalan Andalas sebanyak 30 ribu pelanggan ke atas. Wilayah barat pelayanan 02 BTP 30 ribu ke bawah. Wilayah Selatan pelayanan 03 Jalan Racing Center 45 ribu. Wilayah Barat pelayanan 04 Jalan Ratulangi sebanyak 50 ribu pelanggan aktif.
Terkait masih banyaknya daftar tunggu PDAM, DPRD Kota Makassar mendorong perlunya segara dicarikan solusi penyelesaian. Salah satunya menambah anggaran di APBD Pokok 2017.
Ketua Komisi B, Amar Bustanul menegaskan, hanya ada satu solusi untuk sambungan baru air bersih PDAM. Yaitu menambah pipa sambungan. Keluhan dari pelanggan juga harus direspons dengan cepat. Jangan ada pembiaran.
“Saat ini kan ada program yang ingin dilaksanakan PDAM untuk menambah 50 persen sambungan baru. Kita berharap solusi ini bisa maksimal,” ujarnya di gedung dewan, kemarin.
Anggota Komisi B, Basdir mengaku sudah banyak mendapat keluhan akibat banyaknya daftar tunggu sambungan air bersih. ”Sudah seringmi saya dengar keluhan seperti itu dari warga. Kita minta pemerintah dan pihak perusahaan bertindak cepat. Biasanya, ujung-ujungnya pasti penambahan anggaran. Padahal seharusnya kinerja perusahaan lebih ditingkatkan,” tandasnya. (arf-ita/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top