Sulselbar

TP Tampi di Seminar FIPO

PAREPARE, BKM — Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, menjadi salah satu narasumber, di Seminar Nasional, yang di selenggarakan Fajar Institute Of Pro Otonomi (FIPO).
Seminar yang digelar di Maraja Balroom Hotel Sahid, Sabtu (19/11) tersebut, mengambil tema ‘Penyelamatan Tanah Negara Dari Sengketa Publik dan Perseorangan’.
Di hadapan ratusan peserta dari sejumlah lembaga dan instansi Pemerintah yang hadir dalam seminar tersebut, HM Taufan Pawe mengapresiasi panitia penyelenggara.
Dia awal pemaparannya, praktisi hukum ini, menjelaskan tentang proses penyelenggaraan pemerintahan yang harus bersih, efesien, akuntabel.
“Dan birokrasi betul-betul melayani masyarakat dengan baik serta trasparan,”ucap Taufan Pawe.
Berkaitan dengan tema dalam seminar tersebut, menurut Taufan Pawe, persoalan paling penting saat ini adalah persoalan tanah, dan itu tidak lepas dari regulasi-regulasi yang telah ditetapkan.
“Kita harus menyadari akan kebutuhan tanah waktu kewaktu akan sangat penting. Namun tentu ada regulasi yang mengatur hal itu,”katanya.
Ketua DPD II Partai Golkar Parepare itu juga menjelaskan, persoalan alih fungsi lahan tanah setiap daerah harus mengedepankan kepentingan orang banyak, bangsa dan negara dibanding kepentingan orang dan kelompok tertentu.
“Demi kepentingan bangsa dan negara semua hak-hak oleh masyarakat terkait tanah sudah dijamin oleh negara. Fungsi negara terkait tanah ada aturan yang mengatur tentang alih fungsi lahan,”papar Taufan Pawe.
Selain Wali Kota Parepare juga hadir Prof Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman RI) dan Dr Farida Patitting (Dekan Fakultas Hukum Unhas), dan Direktur sengketa dan konflik tanah Wil II kementrian agraria/BPN, Brigjen Pol Abdul Hasyim Gani.
Disamping menyelenggarakan seminar Nasional, FIPO juga memberikan anugrah penghargaan kepada sejumlah Tokoh dan Kepala Daerah yang dianggap berhasil melakukan inovasi dan berprestasi.(smr/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top