Berita Kota Makassar | Perjuangkan Anggaran ASN
Politik

Perjuangkan Anggaran ASN

Ist Ni'matulah

PARA Politisi yang tergabung dalam rombongan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Banggar DPR RI, Jumat (18/11) guna memperjuangkan anggaran untum Aparas Sipil Negara (ASN) yang tertuang dalam Dana Alokasi Umum (DAU).
Politisi Partai Demokrat yang tak lain adalah Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah yang memimpin rombongan pemberangkatan mengaku kunjungan bertemu dengan Banggar DPR RI untuk membahas mengenai beban yang ditanggung oleh provinsi mulai 2017 mendatang.
Menurutnya, jumlah DAU yang diterima dari pusat berbanding terbalik dengan beban yang ditanggung provinsi, khususnya untuk belanja pegawai.
Ni’matullah menyebutkan pada 2016 DAU yang turun untuk belanja pegawai sebesar Rp 1,1 triliun. Dimana pada saat itu, jumlah ASN kurang lebih 10 ribu. “Dengan sekarang guru SMA/SMK menjadi tanggungan provinsi sebanyak 18 ribu tentu beban semakin bertambah. Inilah yang akan dicarikan solusinya,”jelasnya, kemarin.
Olehnya itu dari awal pihaknya mengajukan anggaran DAU sebesar Rp 2,9 triliun. Tetapi pemerintah pusat hanya menyetujui Rp 2,2 triliun. ” Maka secara otomatis, kita kekurangan Rp 700 miliar lagi,”jelasnya.
Katanya, untuk menutupi kekurangan Rp 700 miliar tersebut, maka akan diambil dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). ” Kita berharap dari Banggar DPR RI bisa mediasi pertemuan kami dengan kementerian keuangan. Untuk sharing soal ini, karena tidak mungkin juga kita kuras keseluruhan dari APBD,”jelasnya.
Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Banggar DPRD Sulsel Hoist Bachtiar bahwa selain bertemu dengan Banggar, pihaknya juga menyambangi Kemendagri. ” Karena jangan sampai persoalan ini kita banyak menguras waktu dan melewati batas pembahasan yakni, 30 November,”pungkasnya. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top