Metro

E-Marketing, Solusi Hadapi MEA

MAKASSAR, BKM– Bappeda Kota Makassar bekerjasama dengan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar acara Workshop Ekonomi, Kamis (17/11) di Hotel M-Regency. Workshop yang bertema “Menciptakan Wirausaha Yang Berdaya Saing” ini memiliki tujuan mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Makassar agar memiliki daya saing untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Acara ini sendiri dilaksanakan mulai pukul 13.00 Wita yang dibuka langsung oleh perwakilan Wali Kota Makassar. Pemateri yang diundang dari salah satu dosen Fakultas Ekonomi, Dr Agung Widhi Kurniawan dan Founder Papa Sam Pizza and Pastry Resto and Cafe, Samsaria Syamsuddin.
Mengawali materi, Agung menjelaskan tentang tujuan sampai hambatan yang akan dihadapi di MEA saat ini. “Persaingan akan semakin ketat, namun tantangan perdagangan akan semakin terbuka,” jelas agung dalam materinya. Agung juga menjelaskan jika kekurangan dari produk kita saat ini adalah soal kreativitas dan desain. Kurangnya akses teknologi dan pemasaran juga menambah kesulitan masyarakat dalam mengembangkan daya saing menghadapi MEA.
Tantangan negara ini juga berasal dari masyarakatnya sendiri. Pola masyarakat Indonesia yang cenderung bangga dengan produk import dan mengabaikan produk lokal menjadi hal yang harus diperhatikan bersama.
Pemateri kedua, Samsaria lebih memberikan solusi dalam daya saing melalui pemanfaatan e-marketing. “Jangan kita bicara bisa berdaya saing jika kita tidak tau internet,” ucap Samsaria dalam matrrinya. E-marketing akan menjadi jawaban dalam perkembangan wirausaha dalam menghadapi MEA, karena saat ini hampir semua orang di Indonesia menggunakan internet. Samsaria juga menambahkan, saat ini dirinya sangat bergantung pada media sosial Facebook dan Instagram untuk mengembangkan usaha yang sedang ia jalani.
UKM menjadi unsur kesuksesan MEA. UKM saat ini harus dipersiapkan dengan serius dan matang agar bisa bersaing dengan negara lain.(mg)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top