Pindah Sel, Dua Tersangka Korupsi Dibawa Pakai Pesawat – Berita Kota Makassar
Headline

Pindah Sel, Dua Tersangka Korupsi Dibawa Pakai Pesawat

MAKASSAR, BKM — Dua tahanan tersangka kasus dugaan korupsi dipindahkan dari sel tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I Makassar, ke Rumah Tahanan (Rutan) klas I Mamuju, Sulawesi Barat.
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Salahuddin menyebut, tersangka tersebut adalah A Tenri Irnawati. Ia terjerat kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) pengadaan sistem pelatihan implementasi keuangan berbasis IT Provinsi Sulbar tahun 2007.
Satu tersangka lainnya adalah Awaluddin. Mantan bakal calon bupati Buton Tengah ini terlibat pada kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) kedokteran dan Keluarga Berencana (KB) di Rumah Sakit Umum Daerah Sulawesi Barat tahun anggaran 2013.
“Hari ini (kemarin) mereka dipindahkan ke Rutan Mamuju, karena penanganan kasusnya di Mamuju. Proses selanjutnya akan diserahkan ke Kejari Mamuju,” ujar Salahuddin, Kamis (17/11).
Pemberangkatan kedua tersangka tersebut dilakukan dengan menggunakan pesawat terbang. Keduanya juga dikawal dan didampingi secara ketat oleh empat orang jaksa dari Kejati Sulsel.
“Mereka diberangkatkan sekitar pukul 11.45 Wita. Yang mendampingi empat orang. Keduanya diserahkan ke Kejari Mamuju,” terang Salahuddin. Jaksa yang mendampingi kedua tersangka, masing-masing Idham Syam, Kasmiriani, Andi Fahrul dan seorang staf, Fariz.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Administrasi Lapas Klas I Makassar, Ilyas membenarkan jika A Tenri telah dijemput oleh tim jaksa dari Kejati Sulsel.
“Jaksa menjemput A Tenri untuk dipindahkan ke Rutan Mamuju,” ujarnya.
Sebelum ditahan di Lapas Klas I Makassar, kedua tersangka sempat menjadi buronan Kejati Sulsel. Namun mereka kemudian datang menyerahkan diri ke Kejati. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top