Pemkot Entaskan Kawasan Kumuh – Berita Kota Makassar
Metro

Pemkot Entaskan Kawasan Kumuh

MAKASSAR, BKM– Pemerintah Kota Makassar tetap fokus menargetkan pengentasan permukiman kumuh di Kota Makassar, tahun 2017 mendatang.
Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Ibrahim Saleh. Menurut Ibe sapaan akrabnya, tahun depan Pemkot Makassar memiliki 15 kecamatan, salah satunya kecamatan kepulauan. Dari 15 kecamatan tersebut, kata Ibe, pemkot akan menyisisir dan mengentaskan kawasan kumuh sejalan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2017 mendatang.
“15 kelurahan masuk wilayah kumuh seperti Baranglompo, Rappocini, Kodinganre, Maricaya, Tamalanrea baru, Sudiang, Karuwisi utara, Tamammaung, Buloa, Borong raya, Manggala, Tallo, Mamajang, Untia dan Balang Baru. Bappeda akan fokus meretas 15 kelurahan yang melibatkan perguruan tinggi, BUMN, Forum BKM, media massa, dan kelompok peduli lainnya,” ungkapnya saat membuka Lokakarya Strategi Komunikasi Program Kota Tanpa Kawasan Kumuh (KOTAKU) di hotel Star Boulevard, Kamis (17/11).
Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar ini menambahkan tingkat pertumbuhan masyarakat cukup tinggi, karena urbanisasi yang sulit dibendung, sehingga kebutuhan akan perumahan yang layak cukup tinggi.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, M Ansar menuturkan, wilayah kumuh di Kota Makassar berada di kawasan resapan air.
“Kita punya enam kanal tapi rata-rata yang huni oleh warga. Keberadaan mereka membuat kondisi kanal kita menjadi rantasa. Bayangkan saja, dalam setahun pengerukan kanal bisa mecapai 7 ton yang didominasi sampah,” tutupnya.(ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top