Wali Kota Curhat Soal Pendidikan – Berita Kota Makassar
Metro

Wali Kota Curhat Soal Pendidikan

MAKASSAR, BKM– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyempatkan waktu menemani Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI, Muhadjir Effendy saat berada di Hotel Swiss Bell, Makassar, Rabu (16/11).
Danny sapaan akrab wali kota yang didampingi Sekertaris Kota (Sekkot) Makassar Ibrahim Saleh dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Makassar, Ismunandar curhat soal pendidikan dan membahas perkembangan dunia pendidikan. Sambil minuman teh hangat dan telur mata sapi setengah matang yang menjadi menu sarapan Menteri Muhadjir Effendy bersama Wali Kota Makassar yang mengenakan batik lengan panjang bercorak lontarak khas Makassar, terlibat dalam obrolan yang sesekali diselingi senyum dan sesekali terlihat Menteri Muhadjir serius menyimak obrolan Wali Kota Danny.
“Pendidikan kita saat ini menghadapi tantangan yang tak sedikit. Kita diperhadapkan pada kenyataan perlunya membangun karakter generasi bangsa lewat pendidikan,” kata Danny.
Di Makassar lanjut Wali Kota Danny, telah melakukan sejumlah terobosan untuk membangun karakter anak didik yang diawali dengan lelang kepala sekolah bagi seluruh jenjang pendidikan di bawah naungan Pemerintah Kota (Pemkot).
Tes berlapis yang dilakukan untuk menjaring calon kepala sekolah kala itu ditujukan untuk mendapatkan kepala sekolah dengan kualitas terbaik yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan.
Selain itu, sambung Danny, sekolah – sekolah di Makassar dipacu untuk menjalankan 18 Perintah Revolusi Pendidikan. Jika program ini berjalan maksimal dapat meningkatkan prestasi anak didik tidak hanya pada kemampuan akademik juga prestasi di bidang seni, olah raga, peningkatan daya nalar, dan menanamkan kecintaan anak didik pada kekayaan budaya lokal yang membentuk identitas nasional sebagai anak bangsa.
“Program ini juga mendekatkan anak pada lingkungannya sehingga anak – anak kita lebih peduli dan cinta pada lingkungan,” terang Wali Kota.
Usai sarapan, rombongan Menteri Muhadjir bergerak menuju Pulau Barang Lompo menggunakan Speed Boat. Selain mengunjungi Pulau Barang Lompo Menteri Muhadjir juga dijadwalkan mengunjungi SMK 9 Makassar, sekolah Attirah, kabupaten Bantaeng, Gowa, dan Maros. Ia akan berada di Sulawesi Selatan hingga Kamis, 17 November 2016 sebelum bertolak ke Jogjakarta.
Di SD Inpres Barrang Lompo yang menjadi tuan rumah acara pencairan simbolik Kartu Indonesia Pintar (KIP), tampak para siswa terlihat antusias menyambut kedatangan menteri.
Program Indonesia Pintar (PIP) dan pendidikan karakter, kata Muhadjir, menjadi fokusnya saat ini. “Agar generasi ke depan bisa jauh lebih baik dari generasi sekarang,” tutur Mendikbud.(jun/war/b)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top