Metro

Syahrul Tinjau Wisma Negara

MAKASSAR, BKM — Pembangunan di kawasan Centre Point of Indonesia (CoI) terus digenjot. Tahap pertama, dibangun Gedung Serba Guna yang menjadi bagian dari Wisma Negara.
Untuk melihat progres pembangunan gedung serba guna tersebut, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyempatkan diri meninjau aktifitas di sana sekaligus melakukan asistensi apa saja yang harus ditekankan untuk diprioritaskan.
Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim) Sulsel, Andi Bakti Haruni, disela-sela peninjauan, Rabu (16/11) menjelaskan, dari hasil pantauan, progres pembangunan gedung serba guna yang terlihat secara fisik sekitar 54 persen. Namun, jika melihat material yang sudah on site atau material yang sudah siap untuk dipasang, progresnya sudah sekitar 70 persen. Proyek ini diwanti-wanti bisa selesai akhir Desember mendatang. Kendati waktu yang tersisa sangat kasip, menurut Andi Bakti, berdasarkan laporan kontraktor yang mengerjakan proyek ini, kegiatan bisa diselesaikan tepat waktu.
“Pada dasarnya, kegiatan yang akan dilakukan tinggal pemasangan-pemasangan material yang sudah siap,” kata Andi Bakti.
Untuk pembangunan gedung serba guna dengan lebar 40 meter dan panjang 76 meter itu, Pemprov Sulsel, Pemprov Sulsel menyuntikkan anggaran sekitar Rp99,5 miliar dengan anggaran khusus untuk pembangunan struktur mencapai Rp50 miliar. Anggaran tersebut berasal dari APBD Pemprov Sulsel.
Menurut rencana, tahun depan, Pemprov Sulsel kembali akan menganggarkan Rp100 miliar untuk membangunan sejumlah item yang masuk bagian wisma negara. Salah satunya adalah gedung perpustakaan. Namun sayang, tampaknya perjuangan pemprov untuk menggoalkan anggaran itu cukup berat. Pasalnya, usulan yang saat ini sedang digodok di DPRD Sulsel itu tidak mendapat respon yang memuaskan.
Andi Bakti mengemukakan, secara umum, pembangunan Wisma Negara dibagi tiga tahapan.
“Tahap satu yang sementara berjalan yakni perampungan gedung serba guna. Tahap dua yang rencananya dilakukan tahun depan, salah satunya pembangunan perpustakaan,” jelasnya.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo berharap pembangunan gedung serba guna itu bisa selesai tepat waktu. Dia meyakini, pembangunan gedung itu memberi dampak positif baik bagi masyarakat maupun Pemprov Sulsel.
“Gedung ini nantinya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dan hajatan rakyat. Selain itu, bisa menjadi investasi bagi Pemprov Sulsel,” ungkapnya.
Terkait informasi dewan akan mengoreksi usulan anggaran untuk Wisma Negara tahun depan, Syahrul berharap pengertian para wakil rakyat. Dia menegaskan, apa yang dilakukan Pemprov Sulsel di kawasan CPI tidak ada yang sia-sia. Cuma memang dibutuhkan pemahaman dan kesamaan pandangan dalam menilai agenda itu secara obyektif. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top