SMPN 2 Barombong Genjot Adiwiyata – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

SMPN 2 Barombong Genjot Adiwiyata

BKM/ZAIN SYAM H Muhammad Ramli

GOWA, BKM — Pengelola dan pelaksana SMPN 2 Barombong, kecamatan Barombong. giat memacu dua kegiatan perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan pembelajaran. Kegiatan peningkatan kualitas daya saing kedua unsur yang memiliki korelasi dengan basis serupa itu adalah lomba sekolah sehat dan lomba sekolah Adiwiyata.
Kepala SMPN 2 Barombong, H Muhammad Ramli SPd MSi mengatakan, kedua unsur tersebut merupakan kegiatan yang memerlukan pembenahan yang tiada henti. Didampingi Wakasek, Drs Rustam Efendi dan Kasi TU, Abd Wahid SSos, di ruang kerjanya, Rabu (16/11), Muhammad Ramli menyebut, indikator pelaksanaannya meliputi lima unsur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, komunikasi, dan kebersamaan. Dengan strategi itu menghasilkan sertifikat dari Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebagai juara lomba Adiwiyata 2016, yaitu sekolah peduli lingkungan di kabupaten Gowa.
Begitu pun prosesi dalam lomba sekolah sehat 2016 ini, pengelola dan pelaksana (guru-guru), memberi keyakinan masyarakat, SMPN 2 Barombong bisa meraih penghargaan serupa dari bupati. Alasannya, kalau kemampuan teknis, kemampuan sosial, dan kemampuan konseptual yang mengantar sekolah ini meraih sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, tentu saja dalam lomba sekolah sehat pun yang dinilai beberapa waktu, akan serupa dengan hasil Adiwiyata. Sebab, adalah kemampuan tingkat pendidikan, pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam lomba sekolah sehat, sudah terpenuhi sebagaimana layaknya di Adiwiyata.
Menurut Rustam Efendi dan Abd Wahid, korelasi Aadiwiyata dan penilain sekolah sehat, keduanya memiliki kompetensi serupa dan dilokasi yang sama. Misalnya soal penilaian pelaksanaan pembelajaran berbasis lingkungan mengacu pada delapan standar nasional pendidikan, berupa kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, serta standar penilaian. (zai/mir)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top