Politik

Samsu Niang Setuju Pembentukan Lembaga Sosialisasi Empat Pilar

Ist EMPAT PILAR--Samsu Niang (tengah) saat melakukan sosialisasi empat pilar di SMPN 3 Libureng, Kabupaten Bone, Sabtu (3/9).

MAKASSAR, BKM–Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs H Samsu Niang, MPd mengapresiasi wacana pembentukan lembaga khusus yang mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. Kehadiran lembaga ini dianggap efektif dalam membantu MPR dalam menyebarluaskan wawasan kebangsaan dan empat pilar kenegaraan. “Saya setuju dengan wacana pembentukan lembaga khusus yang menangani sosialisasi empat pilar kebangsaan ini,”kata Samsu Niang saat melaksanakan sosialisasi empat pilar di SMP Negeri 3 Libureng di Kelurahan Tanabatue, Kecamatan Libureng, Bone, Sabtu, (3/9).
Sosialisasi empat pilar dilakukan Samsu Niang 2-4 September 2016. Sosialisasi sendiri dihadiri sekitar 150 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk guru dan siswa dari SMP Negeri 3 Libureng. Selain itu juga hadir beberapa tokoh masyarakat.
Menurut Samsu Niang, sosialisasi sangat penting di tengah-tengah masyarakat, mengingat akhir-akhir ini masih cukup banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik dan benar tentang keberadaan empat pilar tersebut, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
Dijelaskan, keempat pilar ini merupakan perekat kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. “Saya sangat yakin, tanpa empat pilar ini, masyarakat Indonesia akan hidup pecah belah. Bahkan, kondisi ini akan menghancurkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, keberadaan empat pilar ini harus dijaga dan dipelihara dengan baik,”ujarnya.
Terkait sasaran sosialisasi, menurutnya harus menyasar seluruh lapisan masyarakat Indonesia. “Sosialisasi ini harus menyasar seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sedangkan terkait metodenya harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat audiens,” katanya.
Seperti diketahui, pemerintah berencana membentuk lembaga khusus yang menangani sosialisasi empat pilar. Lembaga yang akan dibentuk ini akan mensosialisasikan eksistensi Pancasila, UUD 1945, konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan filosofi konsep bhineka tunggal ika. (adv)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top