Berita Kota Makassar | Rp5 M Benahi Taman, Pemeliharaan Rp1,2 M
Headline

Rp5 M Benahi Taman, Pemeliharaan Rp1,2 M

MAKASSAR, BKM — Program penghijauan kota yang dicanangkan Pemerintah Kota Makassar terus dimaksimalkan Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DPK). Salah satunya dengan melakukan pembenahan taman di beberapa lokasi.
Menjelang akhir tahun, DPK Makassar merevitalisasi taman di tujuh titik. Masing-masing Taman Macan, Ade Irma, Taman Pujasera, jalur tengah trotoar Jalan Veteran, jalur tengah trotoar Pantai Losar Makassar, jalur tengah trotoar Jalan Urip Sumohardjo dan jalur tengah trotoar Hertasning Raya.
Kepala Bidang Pertamanan DPK Makassar, A Herfidha Attas menyebutkan, pembenahan taman tersebut menggunakan anggaran sebesar Rp5 miliar. Ditargetkan pengerjaannya bisa rampung Desember mendatang.
“Kami juga menganggarkan pemeliharan di 66 taman di Makassar dengan anggaran Rp2,1 miliar. Sedangkan anggaran yang Rp5 miliar untuk pembenahan taman di tujuh titik,” terang Herfidha, kemarin.
Ia kemudian merinci alokasi anggaran tersebut. Untuk taman di jalur tengah Jalan Hertasning Raya dialokasikan Rp787.800.000. Alasannya, karena pembenahan taman tersebut dilakukan secara menyeluruh dengan mengganti tanah dan tanaman yang baru. Hal ini dimaksudkan agar kondisinya setelah dibenahi menjadi lebih segar, hijau dan nyaman.
”Setelah tanahnya diganti kemudian ditanami rumput di atasnya. Ada pula lili Paris dan beberapa jenis tanaman lainnya,” jelasnya.
Untuk pembenahan taman di Pantai Losari, tambah Herfidha, dialokasikan Rp360.782.140. Taman Pujasera (tol) Rp 399.000.000. Taman Ade Irma Rp 335.550.000. Taman Macan Rp1.793.690.000. Jalur Urip Sumoharjo Rp324.750.000. Jalur tengah Jalan Veteran Rp527 juta.
”Pekerjaannya harus melalui tender. Hasil tender sudah ada dan langsung dilakukan kegiatan di lapangan,” jelas Herfidha.
Khusus untuk perawatan, DPK menyebar 157 brigade taman di 66 titik. Rencananya, di awal tahun 2017 mendatang, DPK akan menyerahkannya ke masing-masing kecamatan untuk mengelola dan merawatnya.
Revitalisasi taman yang dilaksanakan DPK ini mendapat atensi dari anggota DPRD Kota Makassar. Wakil Ketua Komisi C, Fasruddin Rusli berjanji akan memantau pelaksanaan kegiatan di lapangan. Pemantauan dilakukan hingga akhir tahun sesuai target yang telah ditentukan.
”Semua kegiatan yang terkait pekerjaan taman harus rampung akhir tahun ini. Karena itu, pelaksana kegiatan di lapangan harus bergegas menuntaskannya,” kata Fasruddin, kemarin. (arf-jun-ita/rus/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top