Sulselbar

IGI Dukung Pemberian Pakasi

SIDRAP, BKM — Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sidrap menyatakan siap mendukung rencana pemberian Pakasi atau tunjangan kerja guru di Sulawesi Selatan (Sulsel).
Ketua IGI Sidrap, Nurdi mengatakan, pemberian tunjangan pakasi kepada sekitar 16 ribu guru SMA/SMK peralihan ke provinsi dari kabupaten/kota, termasuk Sidrap sekitar 600 lebih harus diapresiasi.
“Harus diapresiasi, apalagi hal itu untuk meningkatkan kesejahteraan para guru, termasuk di Kabupaten Sidrap, kata Nurdin, Rabu, (16/11).
Ia mengatakan, tunjangan tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan pendidikan di Sulsel, terkhusus di Kabupaten Sidrap. Utamanya, dalam hal disiplin dan kerajinan guru.
“Kami berharap, tunjangan ini bisa terealisasi pada 2017 mendatang,” ujar Kepala SMKN 1 Pitu Riawa ini.
Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Sidrap, Nurlina Hasman mengatakan, jumlah peralihan guru SMA/SMK di kabupaten Sidrap sebanyak 900 orang lebih. “Itu terdiri dari PNS/Pengawas sebanyak 628 guru, dan kurang lebih 300 guru honorer,” ucapnya.
Menurutnya, sesuai rencana pemerintah provinsi bahwa tunjangan tersebut akan diberikan saat para guru SMA/SMK Negeri resmi berada di bawah naungan Pemprov Sulsel di tahun 2017.
“Meski telah ada tunjangan sertifikasi buat guru. Hal itu belum sepenuhnya dirasakan. Sebab, tunjangan sertifikasi guru yang ada saat ini hanya dinikmati sekitar 70 persen guru yang ada di Sulsel, termasuk Sidrap,” ucapnya.
Wakil Ketua Komisi E DPRD Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif akan memperjuangkan dan mengupayakan pemberian tunjangan pakasi bagi para guru SMA/SMK sederajat di Sulsel dengan alokasi anggaran APBD Sulsel sekitar Rp283 miliar.
Menurutnya, guru SMA/SMK yang telah beralih ke Provinsi berhak menerima tunjangan pakasi. “Guru ini tidak boleh dibedakan dengan pegawai Pemrov lainnya, apalagi yang sekitar 16 ribu itu tidak semuanya terima sertifikasi guru,” kata Syaharuddin Alrif. (ady/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top