Puncak Hujan di Maros Terjadi Desember – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

Puncak Hujan di Maros Terjadi Desember

MAROS, BKM — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulsel mengumumkan, sebagian besar wilayah di Sulsel telah memasuki musim hujan. Diprediksi puncak musim hujan khususnya di kabupaten Maros akan terjadi pada Desember. Kepala Station BMKG, Abdul Mutholib menuturkan, puncak curah hujan untuk tahun ini diprediksi akan terjadi pada Desember mendatang. Prediksi hujan lebih dari 200 mm perhari. Sementara diwaktu puncak hujan dirata-ratakan 700-800 mm.
Beberapa daerah yang akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi, yakni kecamatan Tanralili, Maros Baru, dan Lau. Untuk wilayah tersebut curah hujannya di atas rata-rata, dan berpotensi banjir. Sementara untuk beberapa kecamatan yang berada di pesisir, seperti Maros Baru, Bontoa, Lau, Marusu, Turikale, diprediksi terkena dampak banjir.
”Berdasarkan hasil penelitian di BMKG curah hujan di Maros akan terjadi sekitar pertengahan Desember mendatang. Karenanya, kami mengimbau kepada petani untuk tidak menanam padi pada Desember. Hal itu untuk menghindari gagal tanam yang akan menyebabkan petani merugi. Apalagi prediksi musim hujan mendatang berpotensi banjir,” ungkapnya kepada wartawan.
Dia menuturkan, bulan Januari mendatang kondisi hujan cukup tinggi dengan puncak curah hujan tinggi. Hal itu lebih banyak dipengaruhi dari sektor timur yang memiliki sifat hujan dibawah normal. Sehingga ia meminta petani untuk melakukan musim tanam pada Januari mendatang. ”Petani bisa menanam lebih cepat, supaya benihnya tidak rugi dan tidak akan digenangi air. Petani yang harus menyesuaikan dengan curah hujan. Sebaiknya petani menanam pada akhir Januari mendatang,” jelasnya. (ari/mir/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top