PU Turunkan Satgas Drainase – Berita Kota Makassar
Metro

PU Turunkan Satgas Drainase

MAKASSAR, BKM — Sejumlah pekerja terlihat mengeruk sedimentasi di saluran drainase yang ada di depan Kantor Gubernur Sulsel. Aktifitas itu dilakukan sejak Senin(14/11), lalu.
Sedimentasi yang dikeruk itu berupa campuran tanah, pasir, kotoran, hingga batu-batu. Hasil kerukan itu ditampung di dalam puluhan karung-karung plastik yang sudah disiapkan sebelumnya.
Pengerukan dilakukan sebagai upaya memperluas daya tampung saluran drainase di depan kantor pemerintahan tersebut.
Seperti diketahui, jalan depan kantor gubernur menjadi langganan banjir. Hujan dengan kapasitas sedang saja, sudah bisa mengakibatkan genangan air yang cukup parah. Akibatnya, timbul kemacetan parah.
Ketika aktifitas pengerukan itu dikonfirmasi ke Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII, Rahman Jamil, dikatakan jika pengerukan itu dilakukan oleh Pemkot Makassar.
“Bukan Balai Besar Jalan yang lakukan kegiatan itu. Tapi Pemkot Makassar,” kata Rahman ketika dikonfirmasi BKM, Selasa (15/11).
Dia melanjutkan, memang ada program yang dirancang BBPJN untuk membantu memperlancar aliran air depan kantor gubernur. Tapi program itu baru akan dilaksanakan tahun depan.
“Kami baru akan merancang programnya untuk dilaksanakan tahun depan. Kami baru mau atur penganggarannya,” kata Rahman.
Program yang dimaksud adalah memperdalam saluran drainase yang sudah ada. Tujuannya untuk menambah kapasitas volume air yang masuk ke saluran drainase.
Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Muh Ansar mengatakan, pengerukan atau pengangkatan sedimen di dalam drainase dilakukan Tim Satgas Drainase. Mereka sudah rutin dilaksanakan agar pengaliran air di dalam drainase bisa lancar dan mencegah terjadinya genangan air ketika hujan.
Bukan hanya di depan kantor Gubernur Sulsel, jelas Ansar, pengerukan atau pengangkatan sedimen di dalam drainase juga rutin dilakukan dibebebara titik ruas jalan di Makassar dengan menerjunkan Tim Satgas Drainase.
“Pengerukan sedimen di depan Kantor Gubernur Sulsel itu kami yang lakukan, dan itu sudah rutin dilakukan,” jelas Ansar, kemarin.
Menyikapi hal itu, anggota Komisi D DPRD Makassar Lisdayanti Sabri mengatakan, selama ini pihaknya selalu menginstruksikan ke Dinas PU untuk membenahi drainase. Banyak titik di Kota Makassar masih menjadi langganan banjir di saat musim hujan. “Dari reses pertama hingga saat ini kami selalu menunggu realisasi atas pekerjaan itu, agar masyarakat dapat nyaman beraktifitas,” ucapnya.(ita)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top