Politik

PDIP Latih 784 Kader

MAKASSAR, BKM– Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah melatih sedikitnya 784 kader sebagai syarat untuk menjadi pengurus maupun calon anggota legislatif. Saat ini sudah 17 kabupaten kota yang telah menyelenggarakan pelatihan, sementara sisanya tinggal 7 daerah yakni Sidrap, Enrekang, Bulukumba, Bantaeng, Takalar, Maros dan Pangkep. “PDIP kan meruapakan partai kader sehingga wajib melakukan pelatihan yang berjenjang hingga tingkat guru kader. DPD juga akan melakukan tingkat madya agar setiap kader bisa menjadi caleg provinsi,”ujar sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulsel Rudi Pieter Goni, Selasa (15/11).
Di Soppeng, dilakukan pelatihan kader tingkat pratama yang dimulai pada 12 hingga 14 November. Pelatihan dipusatkan di Hotel Makmur Watansoppeng.
Ketua DPC PDIP Soppeng Andi Mapparemma mengungkapkan pendidikan dan pelatihan ini disamping bertujuan memberi pemahaman yang lebih baik kepada kader partai terkait ideologi, Visi dan Misi Partai, juga menjadi salah satu syarat bagi kader yang akan bertarung di legislatif dan eksekutif. “Tanpa pelatihan dan pembekalan, seorang kader tidak bisa maju di Pileg maupun eksekutif,”ujarnya.
Hal sama disampaikan Ketua Dewan Kehormatan DPD PDIP Sulsel, HA Ansyari Mangkona usai membuka pelatihan bahwa acara tersebut sangat penting untuk membawa partai ke arah yang profesional dan mandiri.
Pelatihan dihadiri Wakil Ketua M Iqbal Arifin dan anggota DPR RI Syamsu Niang.
Saat acara penutupan pelatihan, Wakil Bupati Soppeng Supriansa datang mengenakan batik berwarna merah dan pulang memakai jaket merah.
Penutupan dilakukan Wakil Bupati Soppeng, “Saya mendapat mandat dari DPD PDIP Sulsel untuk menutup Pendidikan dan Pelatihan Kader Pratama ini,”ujar Supriansa.
Sekretaris DPC PDIP Soppeng Basri Isha membenarkan bila Supriansa mendapat mandat untuk menutup pelatihan. “Pak Supriansa ini kan pemegang Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP, jadi wajar kalau DPD memberi mandat kepada beliau,”tegas Basri. (fir/rif/c)


Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top