Korban Puting Beliung Dibantu Terpal – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Korban Puting Beliung Dibantu Terpal

Siara Barang

SIDRAP, BKM — Permintaan para korban bencana angin puting beliung yang terjadi di dua lingkungan yakni Orai Salo dan Lingkungan Cilellang Kelurahan Wette’e, Sabtu (12/11) lalu, akhirnya terpenuhi.
Pemkab Sidrap memenuhi kebutuhan berupa terpal untuk menutupi sementara atap rumah panggung milik para korban yang diterbangkan angin.
Bantuan berupa terpal sebagai kebutuhan mendesak ini akan disalurkan pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap atas instruksi Bupati Sidrap H. Rusdi Masse.
“Ada 60 terpal ukuran besar kita akan serahkan Selasa besok kepada para korban yang seluruh atapnya habis diterbangkan angin. Ada juga beras kita siapkan 40 zak guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari para korban,”ujar Kepala BPBD Sidrap, Siara Barang saat jumpa pers, di Pangkajene, Senin (14/11).
Menurut Siara selain bantuan tersebut, juga para korban yang mencapai total 57 unit rumah panggung mengalami rusak berat dan ringan itu akan dibantu dana tunai guna perbaikan/merenovasi rumah-rumah mereka.
“Besaran bantuan uang tunai itu tergantung tingkat kerusakannya. Antara Rp200 ribu hingga Rp10 juta perunit rumah. Kalau dananya, baru tahap proses pencairan dan akan diserahkan dalam waktu dekat,”katanya.
Menurutnya, estimasi kerugian materi para korban itu ditaksir mencapai totalnya sebanyak Rp185 Juta lebih.
Jumlah itu sesuai hasil pendataan yang dilakukan tim penanggulangan bencana, yang jumlah kerusakan sekitar 57 unit rumah, dan satu diantara rumah korban kerusakannya rata dengan rata.
“Namanya Muh Nasir yang rumahnya hancur diterjang angin. Jumlah kerugiannya kita taksir Rp40 juta lebih karena rata dengan tanah,”lontarnya.
Sejauh ini, penyaluran bantuan terus mengalir dari berbagai pihak, setelah Ketua DPRD Sidrap H. Zulkifli Zain memberikan sumbangan pribadi berupa 20 zak beras dan 12 buah terpal serta 15 amplop berisi uang tunai Rp500 ribu peramplop, bantuana lainnya juga disalurkan.
“Dananya akan kami serahkan jika nanti sudah cukup banyak terkumpul. Dalam waktu dekat ini kami salurkan kepada korban secara bertahap,” kata Ketua Umum IMM Qoadriani, kemarin. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top