Ingatkan Perempuan Jaga Kesehatan Reproduksi – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Ingatkan Perempuan Jaga Kesehatan Reproduksi

PAREPARE, BKM — Ketua TP PKK Kota Parepare Hj. Erna Rasyid Taufan mengajak masyarakat Parepare, khususnya kaum hawa menjaga kesehatan reproduksi. Ia menghimbau mereka agar memeriksakan kondisi kesehatan reproduksi secara dini guna mencegah munculnya gangguan kesehatan seputar kewanitaan.
Lokakarya Gerakan Parepare Peduli Kanker pada Perempuan digelar di Hotel Edotel, Sabtu (12/11).
Ketua BKMT serta Ketua Forum Kajian Cinta Alquran Kota Parepare ini, mengatakan kesehatan reproduksi wanita kadang tak cukup mendapatkan perhatian dari kaum hawa.
Persoalan ini banyak menimbulkan persoalan serius pada wanita, utamanya mereka yang telah pernah melakukan kontak seksual atau menikah.
Ia mencontohkan, penyakit kanker mulit rahim atau serviks yang kini menjadi salah satu pembunuh nomor satu perempuan. Selain factor ketidakpahaman, penyebab lain adalah tidak kurangnya kepedulian pada kesehatan reproduksi.
“Kankernya sebenarnya dapat dicegah dan disembuhkan, sekiranya dilakukan deteksi dini. Masalahnya, sering kali kankernya sudah stadium tinggi baru diperiksakan ke dokter,” tegasnya.
Erna Taufan juga menjelaskan, kesehatan reproduksi dari perspektif Islam. Tak sedikit ayat-ayat dalam Al Quran kata dia, membahas persoalan seksualitas wanita secara gmbalang.
Diantaranya kata Erna, Al Baqarah ayat 222-223 yang membahas Menstruasi pada perempuan. “Kemudian proses kejadian manusia yang dibahas dalam Surat As Sajdah ayat 7-9, Proses hamil dan menyusui Quran Surat Luqman, ayat 4, larangan berhubungan di luar nikah Quran Surat An Nur, dan masih banyak ayat-ayat lain yang berbicara tentang kesehatan reproduksi,’ paparnya. (*)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top