Parepare Menuju Universal Health Coverage – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Parepare Menuju Universal Health Coverage

MAKASSAR, BKM — Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengakui Parepare sebagai kota terbaik menuju Universal Health Coverage pada acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (14/11).
Parepare kata dia dinobatkan sebagai kota terbaik menuju Universal Health Coverage dengan peserta yang telah memiliki Kartu Jaminan Kesehatan? tertinggi 80 persen (zona hijau)
Piagam penghargaan diserahkan Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’Mang di kompleks Rujab Gubernur Sulsel.Sejumlah Bupati/Wali Kota se- Sulsel menerima penghargaan dari Menkes RI, termasuk Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengaku senang menerima penghargaan tersebut.
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, berkat dukungan kepala daerah sehingga peduli terhadap kesehatan dengan menganggarkan melalui APBD sekitar 30 persen untuk anggaran kesehatan, itu berarti pemerintah didaerah memberikan kesehatan yang baik kepada masyarakat.
“Kepedulian kepala daerah untuk menganggarkan di APBD masalah kesehatan sekitar 30 persen itu berarti pelayanan kesehatan didaerah sangat perhatian masalah kesehatan masyarakatnya,”tuturnya.
Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menjelaskan, pelayanan Kesehatan di Parepare dinilai cukup efektif dalam bidang pelayanan terkait program BPJS Kesehatan.
“Sudah lebih 80 persen penduduk di kota kita menjadi peserta BPJS, kita masuk lima besar di Sulsel? yang menerima penghargaan itu,”ujar Taufan Pawe, usai menerima penganugrahan.
Selain itu, kata dia, kota Parepare juga mendapat penilaian terbaik atas kebijakan Pemerintah yang menanggung program BPJS melalui dana APBD.
“Kita juga diakui atas kebijakan yang telah menganggarkan peserta BPJS melalui APBD,”katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr Muh Yamin Yasin, menambahkan, Kota Parepare berpotensi merampungkan peserta BPJS 100 persen di 2019 mendatang.
“Tidak semua daerah mampu mencapai 80 persen itu, kita berpotensi 100 persen di 2019 mendtanga,”tambahnya. (smr/C)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top