Musim Hujan, Harga Sembako Naik – Berita Kota Makassar
Metro

Musim Hujan, Harga Sembako Naik

MAKASSAR, BKM–Musim penghujan tahun ini mulai berdampak pada kenaikan sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Makassar.
Peningkatan cukup tinggi terjadi pada harga komuditas pangan cabai merah. Harga cabai merah sudah mencapai harga Rp40 ribu per kg yang dijual di Pasar Pabaeng-baeng, dan di Pasar Terong mencapai harga Rp37 ribu per kilo.
Selain cabai merah, beberapa jenis cabai-pun harganya ikut naik seperti cabai rawit Rp40 ribu per kilo, cabai besar Rp45 ribu per kg dan cabai hijau Rp20 ribu per kg.
“Sebelum musim penghujan harga cabai masih berkisar Rp25 ribu per kilo, tapi sekarang sudah naik menjadi Rp40 ribu per kilo,” kata Uni, salah seorang pedagang cabai di Pasar Pabaeng-baeng, Senin (14/11).
Uni menambahkan, terjadinya kenaikan harga sembako khususnya cabai merah dipengaruhi curah hujan tinggi yang mengakibatkan beberapa petani cabai mengalami gagal panen.
“Kalau harga cabai terus naik kita juga sebagai pedagang susah menjualnya, ” kata Daeng Ngampa salah satu penjual di Pasar Pabbaeng-baeng. Daeng Ngampa menambahkan, hasil panen yang biasanya di impor dari luar kota Makaassar, seperti Jeneponto, Takalar, Bantaeng dan Sengkang mengalami penurunan kuantitas, terlebih komuditas pangan cabai merah.
bukan hanya di komuditas cabai, tomat juga mengalami kenaikan yang awalnya Rp8000 per kilo menjadi Rp10.000 per kilo. Harga daging ayam potong juga ikut naik dari Rp36 ribu per kilo menjadi Rp38 ribu per kilo.
Sedangkan bahan pokok beras sampai saat ini tidak mengalami kenaikan alias masih stabil.
“Kami dari para pedagang meminta pemerintah agar cepat melakukan tindakan guna menyelesaikan permasalahan kenaikan harga cabai yang terjadi hampir di semua pasar tradisional yang ada di Kota Makassar,” tegasnya.
Menyikapi hal itu, Kepala Bidang Pengawasan dan Peelindungan Konsumen Disperindag Kota Makassar, Sri Reseki mengatakan, dari hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional memang ditemukan seumlah kebutuhan pokok yang harganya melonjak naik seperti harga cabai merah dan rawit Rp40 ribu per kilo, cabai keriting Rp35 ribu per kilo. Kenaikan harga cabai dipengaruhi oleh cuaca sehingga banyak yang rusak dan busuk.(Ucu-mg/war/c)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top