Metro

Dinas PU Banyak Dikeluhkan Warga

MAKASSAR, BKM– Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota Makassar merilis data keluhan warga sepanjang tahun 2016. Dari rilis tersebut, ternyata keluhan warga terbanyak di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar.
Keluhan warga berupa jalan rusak, banjir atau drainase, dan penerangan lampu jalan.
Kasubag Pengaduan Humas Pemerintah Kota Makassar, Nuri Tri Hendrayani kepada BKM menyebutkan, rekap data yang dimiliki Sub Pengaduan Humas Pemkot Makassar sepanjang 2016 mencatat Dinas PU Makassar merupakan SKPD yang terbanyak dikeluhkan masyarakat.
“Dinas PU Makassar itu banyak mendapat keluhan dari masyarakat, khususnya banjir atau drainase dan jalan rusak. Direkap itu tercatat ada 57 keluhan yang diterima Sub Pengaduan Humas Makassar,” jelas mantan Kepala Seksi Ekbang Kecamatan Tamalate ini, Senin (14/11).
Setelah Dinas PU Makassar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Makassar juga menempati posisi kedua SKPD yang banyak dikeluhkan warga khususnya laporan pungutan liar (Pungli) dengan jumlah 11 keluhan dan kemudian disusul PD Parkir Makassar dengan keluhan penarikan retribusi parkir tanpa karcis dengan jumlah keluhan 17 keluhan.
Bukan hanya itu, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Makassar juga tercatat memiliki tujuh keluhan dengan keluhan kosongnya blangko E-KTP.
“Pengaduan atau keluhan masyarakat yang masuk ada melalui telepon, sms, media sosial atau langsung bersurat dan datang ke kami. Setiap keluhan yang masuk, kami segera konfirmasi dengan SKPD terkait,” ucapnya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Disdikbud Makassar, Ismunandar menegaskan data atau laporan yang dimiliki Humas Pemkot Makassar tidak dapat menjadi acuan benar terjadinya pungli di sekolah yang dimaksud.
Karena untuk memastikan terjadinya Pungli di sekolah diperlukan adanya bukti yang kuat dimiliki masyarakat yang bukan hanya sekedar laporan.
Apalagi sebagian besar masyarakat belum mengetahui mana pungli dan mana biaya partisipasi yang telah ditetapkan sekolah dengan orang tua murid.(arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top