Datu Luwu: Makam Simpurusiang Ada di Lutim – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Datu Luwu: Makam Simpurusiang Ada di Lutim

LUTIM, BKM — Datu Luwu XL, Andi Maradang Mackulau menemui Ketta DPRD Lutim Amran Syam di Rujab Ketua DPRD Luwu Timur, Kamis (10/11). Pada kesempatan itu Andi Maradang mengatakan, letak makam Simpurusiang diperkirakan berada di Kabupaten Luwu Timur. Itu diketahui saat pihak kedatuan Luwu mendapatkan informasi awal dan ketika kedatuan Luwu melakukan pencarian data terkait informasi tersebut.
Sementara Simpurusiang diketahui adalah Datu Luwu yang ke III yang selama ini makam beliau (Datu) masih misteri. “Pihak kedatuan telah mendapatkan data awal tentang makam Simpurusiang, pajung pertama di Luwu dan kemungkinan besar makamnya ada di Lutim,” ujar Datu.
Menurutnya, kebudayaan tertua di Indonesia dan bahkan dunia berada di Luwu Timur. Sementara Luwu Timur menjadi titik sentra yang sangat penting karena tanpa Luwu Timur tana Luwu Tidak ada. “Saya berharap Luwu Timur menjadi lokomotif budaya,” tambahnya.
Dia pun prihatin sebab Luwu Timur adalah awal keberadaban tana Luwu dengan cikal budaya tertua. Hanya saja, simbol budaya tidak ada yang terdaftar di pemerintah. Dia berharap, etnik di tana Luwu dapat diwujudkan berupa pembangunan Museum Etnografi di Luwu Timur.
“Dengan adanya Museum itu, seluruh simbol etnik akan dipajang dengan harapan agar generasi berikutnya dapat mempelajari kebudayaan Luwu. Selain itu, nilai sejarah dan budaya juga dapat ditulis karena kekuatan sejarah berada dibuku,” ungkap Andi Maradang.
Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam mengatakan, Pemkab harusnya mendorong lahirnya grand design tentang pengembangan wisata budaya, pariwisata serta pemuda.
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Kebparmudora) Luwu Timur, Hamris Darwis mengatakan, tahun 2017 mendatang Pemkab mengalokasikan anggaran pembentukan tim cagar budaya. (alp/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top