Metro

Dewan Rekomendasikan Tutup Minimarket Bermasalah

MAKASSAR, BKM–Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar mendesak Pemerintah Kota Makassar agar menutup keberadaan minimarket yang tak mengantongi izin.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar, Wahab Tahir, saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama pengelola minimarket, Sabtu (12/11) di Gedung DPRD Makassar.
“Kita merekomendasikan ke Pemkot Makassar untuk menutup minimarket yang tak memiliki izin. Kalau ini dibiarkan jelas merugikan daerah dan masyarakat,” tegas Wahab.
Apalagi, kata Wahab, keberadaan minimarket yang beroperasi tak mengantongi izin akan berdampak buruk terhadap kelangsungan para pedagang kecil di sekitarnya.
“Kami langsung turun meninjau minimarket. Mohon pemerintah mendukung rekomendasi ini agar itu ditertibkan. Keluarkan teguran. Karena mereka belum punya izin, tapi sudah mengambil hasil,” katanya.
Lanjut legislator Fraksi Golkar ini menyebutkan, saat dewan reses mendapati empat minimarket yang tersebar di wilayah Maccini, Kecamatan Makassar dan Jalan Veteran diduga tidak memiliki izin yang lengkap.
“Sudah sangat jelas, saat sidak dan reses kami menemukan terbitnya izin tunggal untuk dua usaha minimarket. Dan sebagai kesimpulan awal diduga kuat motifnya adalah memainkan nilai pajak atau pengemplang pajak,” tegasnya.
Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Makassar, Abdi Asmara mengatakan, ia masih menunggu data dari Dinas Tata Ruang untuk mendata lebih dalam terkait izin berupa SITU/SIUP dan surat izin mendirikan bangunan (IMB) yang ada di minimarket.
“Saya sudah katakan sama pengelola minimarket agar dalam satu minggu kedepan sudah menempelkan izin usahanya di dinding. Jika masih tidak diindahkan jangan salahkan kami jika kami merekomendasikan ke Satpol PP untuk dilakukan pembongkaran,” tegasnya.
Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Makassar, Ismail Tallu Rahim mengaku selalu gencar melakukan razia dan bahkan penutupan mini market yang tidak mengantongi izin.
“Kita selalu jalan razia dan bahkan menutup minimarket yang tidak mengantongi izin. Jadi kita harap dewan menyebutkan mana minimarket yang dimaksud tidak memiliki izin dan lokasinya ada dimana agar segera kami tutup,” ujar Ismail Tallu Rahim.
Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap minimarket di Makassar untuk mencari minimarket yang beroperasi tanpa mengantongi izin.(ita)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top