Sejumlah APK Paslon Gubernur Dirusak – Berita Kota Makassar
Sulselbar

Sejumlah APK Paslon Gubernur Dirusak

MAMUJU, BKM — Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulbar di kabupaten Polewali Mandar (Polman), Majene, dan kabupaten Mamuju, mengalami pengrusakan. APK ini sendiri adalah hasil pencetakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar.
Pengrusakan ini pun sangat disesalkan Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuria SPd MSi. Dalam pesan singkatnya yang disampaikan ke BKM, kamis (10/11), mengatakan, tindakan pengrusakan tersebut merupakan tindak pidana Pemilu. ”Patut disesalkan. Karena dengan kejadian ini seperti dalam ketentuan pengaturan kampanye adalah tidak dibolehkan. Bahkan dengan tindakan pengrusakan deliknya itu adalah pidana Pemilu,” beber Usman.
Terkait kemungkinan APK yang rusak tersebut diganti KPU, Usman mengatakan, saat APK yang telah dipasang dan diserahkan ke Paslon itu sdah menjadi tanggung jawab Paslon masing-masing. Termasuk pemeliharaan dan pergantian bila terjadi kerusakan sampai pada masa minggu tenang.
”Terkait adanya kerusakan APK, berdasarakan ketentuan dalam PKPU tentang kampanye setelah APK dipasang dan diserahkan kepada Paslon atau tim Paslon, maka APK itu sudah jadi tanggungjawab Paslon atau tim Paslon untuk pemeliharaan, pergantian jika terjadi kerusakan dan pembersihannya bila sudah akan memasuki masa tenang,” jelasnya. (ala/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top