Berita Kota Makassar | Jangan Lindungi Polisi 'Nakal'
Headline

Jangan Lindungi Polisi ‘Nakal’

MAKASSAR, BKM — Banyaknya oknum kepolisian yang terlibat dalam aksi kriminal dan narkoba, menuai sorotan. Hal tersebut terjadi akibat kurang tegasnya sanksi yang diberikan kepada oknum kepolisian tersebut.
Direktur Anti Corruption Committe (ACC) Sulawesi, Abdul Muttalib, mengingatkan tindak kriminal dan kejahatan narkoba yang melibatkan oknum polisi, harus mendapat perhatian serta sanksi tegas agar ada efek jera.
“Kapolda jangan membiarkan hal seperti ini terus terjadi. Propam maupun Irwasum harus mengusut kasus ini,” tegas Muttalib, Jumat (11/11).
Menurut dia, akan sangat berbahaya jika polisi justru berwatak kriminal. Jadi bukan sekadar menindak pelaku yang ada saat ini. “Khususnya polisi yang masih muda. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin justru polisi yang menjadi aktor kejahatan dan ini sangat berbahaya,” tandasnya.
Terpisah, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Haswandy Andi Mas menegaskan, preilaku oknum polisi ‘nakal’ yang terlibat dalam berbagai kasus kriminal dan narkoba, sangat mencoreng citra aparat dan institusi kepolisian.
Apalagi saat ini kepolisian tengah giat-giatnya melakukan reformasi serta perbaikan di dalam insitusinya. “Kalau aparat melakukan tindak pidana, harusnya jajarannya segera melaporkan secara pidana,” imbuhnya.
Pimpinan juga, tambah Haswandy, harus segera melakukan pemeriksaan dan turun langsung menindak anggotanya yang terlibat tindak pidana. Jangan justru malah melindunginya dari jerat hukum. Sebab, menurut dia, semua harus tunduk terhadap aturan dan hukum, sekalipun itu aparat penegak hukum.
“Kalau ada yang terbukti, misalnya melakukan kriminalitas, selain sanksi pidana, harus pula ada sanksi pemecatan,” tandasnya. (mat/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top