Headline

Jadi Pengacara, Adillah Dinasty Lanjutkan Profesi Kakek

BKM/ISHAK MAPPELWA Adillah Dinasty Syafril

MAKASSAR, BKM — Adillah Dinasty Syafril kini resmi menjadi seorang pengacara. Ia mengikuti pengambilan sumpah advokat Peradi di kantor Pengadilan Tinggi Sulselbar Jalan Urip Sumoharjo, Jumat (11/11).
Putri pasangan M Syafril Muis Hamzah dan Rosdiana ini memang sejak lama bercita-cita menjadi seorang pengacara. Apalagi kakeknya, almarhum HA Hamzah Muis juga memiliki profesi yang sama.
”Dulu kakek berpesan kepada anak dan cucunya, agar ada dari keturunannya yang melanjutkan profesinya sebagai pengacara. Alasannya, karena pengacara itu membela seseorang dalam kebenaran,” kata Adillah, kemarin.
Menjadi seorang pengacara, menurut Adillah, menjadi bagian dari doanya selama ini bersama keluarga lainnya. Sebab ayahnya juga seorang advokat.
Keinginannya itu sudah tertanam sejak kecil. Ketika itu ia kerap ikut kakeknya. Termasuk saat mengikuti persidangan.
”Waktu itu belum bisa tersalurkan. Nanti setelah duduk di bangku SMA kelas satu baru berpikir untuk mewujudkannya. Karena itu saya kemudian fokus menjadi seorang advokat,” ujarnya.
Setelah tamat SMA ia kemudian melanjutkan kuliah. Tak pernah terpikirkan untuk mendaftarkan diri menjadi seorang karyawan ataupun pegawai negeri.
Di bangku kuliah, ia banyak belajar tentang ilmu hukum perdata dan pidana. Ditambah belajar dari pengalaman ayahnya.
”Selain belajar, saya juga mengamati. Misalnya permasalahan apa yang ditangani ayah. Disitu tahap saya bisa mengetahui persoalan hukum. Sejauh ini saya sudah beberapa kali mengikuti persidangan dalam beberapa kasus. Bahkan sudah sampai ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,” bebernya.
Meski begitu, dia tetap terus belajar. Salah satu harapannya agar bisa menegakkan keadilan di daerah ini.
Diakui Adillah, ada beberapa kasus klien ayahnya yang dia bantu memecahkan masalahnya. Diapun kerap berkomunikasi dengan sang ayah soal kendala sebelum proses persidangan. (ish/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top