Berita Kota Makassar | Damkar Imbau Awas Kebakaran
Metro

Damkar Imbau Awas Kebakaran

MAKASSAR, BKM–Musim pancaroba yang melanda Kota Makassar membuat angin dan cuaca tidak menentu. Untuk itu, seluruh masyarakat diminta untuk selalu waspada dan mengantisipasi kebakaran.

Terlebih, kasus kebakaran dapat saja terjadi karena cuaca panas di berbagai tempat, seperti kebakaran lahan maupun rumah.
“Sekarang musim pancaroba dari kemarau ke penghujan. Perubahan musim itu menyebabkan angin kencang. Meski di musim penghujan intensitas kasus kebakaran menurun tetapi saya imbau warga lebih waspada dan memperhatikan kondisi rumah sebelum pergi,” kata Kepala Dinas Pemadan Kebakaran Kota Makassar, Imran Samad, Jumat (11/11).
Imran menambahkan, Kota Makassar memiliki 14 kecamatan dan 142 kelurahan yang saat ini sedang memasuki musim penghujan. Tahun ini saja, jelas Imran, sudah tercatat 163 kasus kebakaran.
“Kasus kebakaran hingga memasuki triwulan keempat mencapai ratusan. Kejadian ini didominasi faktor arus pendek. Selain itu disebabkan karena kesalahan manusia,” ujar kakak kandung mantan Ketua KPK, Abraham Samad ini.
Selain itu, kata Imran, Dinas Kebakaran juga senantiasa melakukan upaya mengeliminir terjadi kebakaran. Seperti melakukan sosialisasi melalui media misalnya memberi pengarahan mengantisipasi dan mencegah terjadi kebakaran.
“Kita sosialisasi ke media baik ìtü koran, media elektronik dan sosialisasi dengan mengundang masyarakat di tiap kecamatan. Adapun wilayah yang rentang terjadi kebakaran di wilayah pemukiman yang padat,” terangnya.
Imran menambahkan, musibah kebakaran yang terjadi rata-rata di wilayah pemukiman padat penduduknya.
“Kita kerap kewalahan bila peristiwa di pemukiman padat. Seperti yang terjadi di wilayah Bontoala kemarin. Petugas kewalahan, ditambah adanya aksi tawuran,” tutur Imran.(ucu/war/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top