Headline

Biasa Layani Warga Hingga Subuh Hari

BKM/RAHMAN HAMID PUSTU-Kalsum Arief berdiri di depan Pustu Lakkang yang sementara dalam tahap renovasi.

KALSUM ARIEF sadar bahwa pendidikan formal menjadi modal penting bagi dirinya. Khususnya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan.

Laporan: Rahman Hamid

UNTUK memantapkan langkah dan perjuangannya di bidang kesehatan, Kalsum kemudian memutuskan untuk kuliah. Ia memilih pendidikan formal di Universitas Cokroaminoto dan mengambil Jurusan Kebidanan.
Kalsum memulai kuliah tahun 2010. Status di tempat kerjanya ketika itu masih honorer.
Proses menuntut ilmu di perguruan tinggi mampu diselesaikannya dalam tempo tiga tahun dengan gelar ahli madya (AMd). Dengan bekal pendidikan formal itu, diapun menatap masa depan masyarakat Lakkang yang lebih baik.
Wanita asal Kabupaten Gowa ini membuka layanan kesehatan bukan hanya di pustu, tetapi juga di kediaman pribadinya. Tidak hanya saat jam kerja sesuai dengan aturan pemerintah, tetapi juga di waktu lain.Demi masyarakat, Kalsum membuka pelayanan di rumahnya hingga malam hari. Bahkan terkadang sampai subuh hari.
“Kalau bicara pelayanan, saya itu tidak kenal jam kantor. Artinya, di luar jam kantor pun saya layani warga. Bukan hanya di kantor, tapi juga di rumah. Biasa saya layani warga sampai subuh hari,” tutur Kalsum.
Jam pelayanan bagi Kalsum, menjadi hal yang fleksibel. Kapan dan dimanapun ia bersedia melakukannya.
Dia berjanji akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Apalagi Pustu Lakkang saat ini tengah direnovasi dengan format lantai II. Pembangunannya merupakan bagian dari kerja kerasnya bersama dengan pemerintah setempat.
Untuk memajukan pelayanan kesehatan di Pulau Lakkang, menurut alsum, perlu ada tenaga tambahan, khususnya spesialis. Karena selama ini tenaga Pustu Lakkang sangat minim.
Dia juga berharap agar petugas kesehatan, khususnya di Pulau Lakkang diberikan insentif, seperti petugas kesehatan di pulau-pulau lain. Apalagi hanya petugas kesehatan Pulau Lakkang belum mendapatnya. (*/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top