Adi Suryadi : Politik Uang Banyak di Parpol – Berita Kota Makassar
Politik

Adi Suryadi : Politik Uang Banyak di Parpol

Ist DISKUSI--Dosen politik Unhas, Adi Suryadi Culla (kiri) bersama Prof Andi Pangeran Munta dan Arqam Azikin menjadi pembicara pada diskusi politik yang digelar Fraksi Nasdem Sulsel di lantai IX gedung Tower, Jumat (11/11). Diskusi dipandu Wakil Ketua DPW Nasdem Sulsel M Tobo Haeruddin.

MAKASSAR, BKM–Dosen ilmu sosial dan politik Unhas Dr Adi Suryadi Culla memaparkan bila banyaknya kecaman kepada partai politik lantaran wilayah yang paling banyak melakukan politik uang itu tempatnya di partai politik, utamanya ketika akan menghadapi pemilu atau pemilihan kepala daerah, bahkan setelah terpilih sebagai wakil rakyat juga memiliki potensi untuk melakukan politik uang. “Jadi money politik paling banyak terjadi di parpol,”ujar Adi Suryadi Culla saat menjadi pembicara pada diskusi politik Fraksi Partai Nasdem DPRD Sulsel dilantai IX Gedung Tower DPRD Sulsel, Jumat (11/11).
Tak hanya itu, Adi juga menjelaskan sejumlah alasan kenapa partai itu bisa sukses dalam meraih simpati pemilih. Pertama, agenda isu atau program yang disampaikan ketemu dengan aspirasi masyarakat. Kedua, faktor sosialisasi kemasyarakat dengan melibatkan media. Dan faktor ketiga yakni kepemimpinan dan kaderisasi. “Jadi Partai Nasdem bisa sukses karena tiga alasan diatas,”ujar Adi.
Adi mencontohkan ketika pemilihan kepala daerah, Nasdem membawa isu tak menerima mahar, maka tentu isu itu sangat diterima oleh masyarakat,”jelasnya.
Sementara itu, guru besar ilmu hukum Unhas Prof Dr Andi Pangeran Munta menggambarkan bila politik tak bisa dipisahkan dari hukum. “Bahkan antara politik dan hukum selalu saling mengisi dan melengkapi,”ujarnya.
Diskusi politik yang mengambil tema evaluasi perjalanan Partai Nasdem di Sulsel, juga menghadirikan dosen politik Unismuh Makassar Arqam Azikin dan moderator Wakil ketua Nasdem Sulsel Tobo Haeruddin. Juga hadir Wakil ketua DPRD Sulsel yang juga Ketua DPD Nasdem Makassar Andi Rahmatika Dewi serta legislator Nasdem Sulsel lainnya. (rif)

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top